Skip to main content

indonesia memanggil...!!!

indonesia memanggil...!!!
Bagikan
29 Desember 2009 jam 10:16
Ibu budi membeli sayur di pasar.

Ya… kalimat itu yang diajarkan ketika kita masih duduk di bangku SD.
Seandainya saja jika “ibu budi menjual sayur di pasar” / “budi menjual bola” bukan “budi bermain bola”.
Mungkin saat ini indonesia sudah dipenuhi oleh para pengusaha.

"Sekolah yang pinter ya nak, supaya setelah lulus bisa dapat kerja di perusahaan besar". Mungkin kata-kata seperti ini masih sering kita dengar dari para orang tua murid. Kenapa tidak seperti ini,"Jangan sekedar cari ijazah nak, tapi juga ketrampilan dan jaringan, supaya kamu bisa jadi Pengusaha”. Memang sudah namanya budaya bangsa ini, jadi tidaklah mudah mengubah harapan orang tua kepada anaknya.

Apa yang menyebabkan mereka lebih menyarankan anaknya untuk menjadi karyawan? Karena alasan keamanan dan kepastian? Dunia usaha adalah dunia minim kepastian dan sangat beresiko, katanya.
Arahan orang tua agar anaknya menjadi karyawan bukanlah masalah, selama sang anak sendiri yang menginginkannya. Namun dilematis jika sang anak punya keinginan berwirausaha, sementara orang tua menekan sang anak untuk menjadi karyawan seperti dirinya.

Tren Kewirausahaan

BusinessWeek memberitakan, menurut data Ewing Marion Kauffman Foundation, ada sekitar 2.100 sekolah yang menawarkan kuliah kewirausahaan di tahun 2006, dibanding 380 pada dekade ’90-an. Kenapa? Pertama, ngapain harus berdesak-desakan dan antri mencari kerja, jika peluang menjadi pengusaha terbuka. Kedua, kebebasan adalah alasannya. Dengan menjadi pengusaha, mereka lebih leluasa mengatur waktu kerja mereka, tidak terikat oleh aturan perusahaan. Ketiga, penghasilan yang tidak linier, yang mengijinkan mereka bermimpi setinggi mungkin, dan masih banyak iming-iming lainnya. Tapi apa semudah itu? Tentu saja tidak. Semua ada harganya, tapi harga itu layak dibayar. Berita baiknya, menjadi pengusaha bukanlah turunan, namun ada ilmunya dan bisa dipelajari oleh semua orang yang punya kemauan.


Apakah kita harus berbisnis sesuai dengan jurusan yang kita tekuni saat kuliah? Menurut saya, tidak harus. Seperti saat pacaran, mungkin saja kita salah pilih dan tidak cocok. Kenapa harus kita paksakan lagi? Bukan berarti sia-sia lho kuliahnya, khan dapat pembelajarannya. Saya teringat oleh pesan mentor saya, Prof. Faisal Afif, guru besar Paramadina dan UNPAD,”Kuliah sebenarnya mengarahkan mahasiswa untuk Self Study, Never Ending Learning”. Dan perlu digarisbawahi bahwa, “pembelajaran tidak hanya di bangku sekolah”. Banyak orang tua yang ngotot anaknya harus dapat ‘nilai’ yang tinggi, alih-alih ketrampilan dan jaringan yang luas. Hal itu akan menjadi kebanggaan yang semu dan sementara.

Menjadi Masalah atau SOLUSI?

Sumber kompas menyebutkan, tahun 2005 saja, jumlah pengangguran lulusan sarjana, 385.418 orang dan D3, 322.836 orang. Mayoritas dari lulusan sarjana, tidak menempati posisi yang semestinya, seperti profesi supir, clerk, cleaning service ataupun pekerjaan kasar lainnya. No Choice, daripada jadi pengangguran! Yuk sama-sama kita pikirkan, apakah Anda ataupun anak Anda akan menjadi bagian dari MASALAH bangsa ini (menambah pengangguran), atau menjadi bagian dari SOLUSI yaitu menjadi wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan. Jika tahun lalu, diberitakan,”Lulusan terbaik Universitas X, langsung diterima kerja di perusahaan Y”, bukanlah suatu hal yang patut dibanggakan. Mengapa tidak seperti ini,”Lulusan terbaik Universitas X, berhasil membuka usaha dan mempekerjakan 100 orang karyawan”. Nah, itu patut dibanggakan!

Jika semua orang jadi pengusaha

Sosiolog David McClelland berpendapat, ”Suatu negara bisa menjadi makmur bila ada entrepreneur (pengusaha) sedikitnya 2% dari jumlah penduduknya”. Sedangkan Indonesia hanya 0,18% dari jumlah penduduk atau 400.000-an orang saja yang menjadi pengusaha. Jadi negara kita ini masih jauh dari angka kemakmuran.

Bandingkan dengan negara tetangga Singapore, mereka memiliki 7% populasi penduduknya sebagai pengusaha. Alhasil mereka kekurangan tenaga kerja dan mengimport dari luar. Apa faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara menghasilkan banyak pengusaha? Pertama, insentif sebagai pengusaha diperbesar, seperti kemudahan membuka badan usaha, fasilitas kredit usaha dengan bunga ringan, hingga keringanan pajak. Yang lebih penting lagi adalah ‘pembunuhan’ pungli oleh para aparat. Namun itu semua bukan faktor utama, karena sifatnya ‘iming-iming’.

Tapi saya yakin, lambat laun akan terlihat hasilnya, pertumbuhan perekonomian (dan pengusaha) akan meningkat. Namun itu semua juga harus diimbangi dengan maraknya kampanye menjadi ‘juragan’, hingga mereka tidak terlalu depresi dan menimbulkan gejolak. Just an idea, bagaimana jika kita buat gerakan ‘Sejuta Pengusaha’ atau ’10 juta Pengusaha’? Wah seperti apa negara ini jika pengusahanya membludak? Pasti banyak pembaca mengerutkan dahi dan menanyakan,”Kalo semua bangsa Indonesia jadi pengusaha... Siapa yang akan jadi kulinya?” Gampang aja, ya tinggal import TKA (Tenaga Kerja Asing/Arab), TKB (Tenaga Kerja Bule), TKM (Tenaga Kerja Malaysia).

Coba bayangkan, suatu saat Anda punya sopir orang bule, keren kan! Masak kita masih bangga menjadi negara pengeksport TKI, diperkosa lagi! Lagian, kondisi itu belum tentu terjadi dalam 1 abad ini di Indonesia. Kenapa? MENTAL PASRAHnya kelewat besar. “Sudah nasibku jadi karyawan, ya lakoni aja!” katanya. Kasihan banget tuh si ‘nasib’, selalu jadi kambing hitam. Sebagai bahan renungan terakhir,“Mengapa upah tenaga kerja di Indonesia murah?” Karena pengusahanya sedikit, kulinya melimpah! Jika pengusahanya banyak, kulinya dikit, pasti upahnya tinggi dan pengusaha tak akan semena-mena!

Maka tak heran banyak sarjana yang masih menerima upah yang tak wajar. 1jt, 2jt, 3jt yang mungkin hanya transit di rekening pribadinya, atau hanya cukup untuk mencicil sepeda motor saja.

“Daripada Unjuk Rasa, Lebih Baik Kita Buka Usaha!” FIGHT!

FIGHT!
Jaya Setiabudi
Director Y.E.A
Coach Entrepreneur Camp
Pendiri Entrepreneur Association

http://yukbisnis.com/content/category/8/17/30/

Add to Google Reader or Homepage Subscribe

Comments

  1. Memang menyedihkan Sob....fenomena2 mengharukan dan ironis juga banyak sekali, seperti mindset orang Indonesia kebanyakan yang mudah membogohi tetapi mudah dibodohi...Negara kaya katanya..kaya apa?utang negara banyak, kemiskinan...nggak tuntas juga..ekonomi...entahlah...korupsi...Nah ini ni yang masih favorit. lurah korupsi, camat, bupati, dpr, kpu, jaksa, DEPAG!!!, depdiknas...coba apa ada satu saja departemen atau dinas yang selama ini bersih..? trus peringkat 3 dunia negara terkorup itu udah naik apa turun ya pageranknya..he he..Pesimis dan putus asa..itulah yang terjadi pada para pemerhati bangsa besar ini.//

    ReplyDelete
  2. Maka tak heran banyak sarjana yang masih menerima upah yang tak wajar. 1jt, 2jt, 3jt yang mungkin hanya transit di rekening pribadinya, atau hanya cukup untuk mencicil sepeda motor saja..ini kok gue banget sob

    ReplyDelete
  3. @badei:ada banyak juga dari segi positpnya negra kita ini tapi ironisnya kebanyakan segi negatip dibanding segi positip y. kita hanya bisa berdo'a dan brusaha... mnurut saya pemerintahan kita harus diganti dengan pemerintahan syar'i islamiyah/dawulah islamiyah

    @elyas ngeblog:jangan minder sob bersyukur dan bersabar(usaha yang penting dalam bersabar) ini hanya postingan untuk memotifasi orang yang nyari kerja, jadi pengusaha why not?

    ReplyDelete
  4. kita dididik menjadi pekerja, itu yg harus kita ubah

    ReplyDelete
  5. menjadikan seorang anak menjadi seseorang yang akan membanggakan kita, menjadi seseorang yang akan mengayuh kita, itu kita didik sedari kecil.
    Kita arahkan anak kita ke hal-hal yang bermanfaat bagi nya dan orang lain.

    ReplyDelete
  6. mantap ni artikelnya, hayu kita bangkit.........

    ReplyDelete
  7. hayulah kita belajar dari sejarah untuk menatap masa depan yang lebih baik

    ReplyDelete
  8. nice infonya sob, salam kenal dari q & jgn lupa mampir juga ya

    ReplyDelete
  9. ya ortu saya pun begitu..kuliah mahal harus balik modal jadi karyawan ikut orang..padahal maunya jadi pengusaha..go financial freedom!

    ReplyDelete
  10. indonesia memang butuh calon entrepeneur...

    bukan orang bermental pegawai

    ReplyDelete
  11. Royale Far Infrared Sauna is a best product for our health.

    ReplyDelete
  12. zaman sekarang memang kebanyakan yang koropsi..alngkah teganya yah pejabat" tinggi melakukan korupsi gtu ga kacian ya sama masyarakat yang sangat membutuhkannya...

    ReplyDelete
  13. Thanks for providing list of dofollow blog.

    ReplyDelete
  14. IMT – CDL is pioneers in DLP Management Programs with over 55000 students enrolled. IMT-CDL programs are ideally suited for Working Executives for career gworth and the PCP`s are on Weekends only. Min. Qualification: Graduate, For details, Please call Aashima (+91-9910666222) or Amit (+91-9213128288) or visit the centre at IMT – CDL Study Sentre, A-12, Sector 17, Noida – 201301, Phone : 0120-2512000, 0120-4226000

    IMT-CDL offers following programmes:
    Post Graduate Program in Management (Two Year) – Master Level
    Post Graduate Diploma Program in (One Year)
    • Business Administration
    • Marketing Management
    • Export Management
    • Financial Management
    • Material and Supply Chain Management
    • Human Resource Management
    • Retail Management
    • Insurance Management
    • Taxation
    One Year Specializations Diploma in Cyber Security by Ankit Fadia
    For Admissions Queries: Call : +91-9910666222

    ReplyDelete
  15. Thanks, great site.. your is one of very few blogs worth taking the time to read..

    ReplyDelete
  16. indonesia masih harus banyak belajar dari negara2 maju lainnya...

    ReplyDelete
  17. wah , makasih infonya, kunjung balik dapatkan informasi dunia teknologi terbaru...

    ReplyDelete
  18. Saat ini masih kurang kesadaran generasi muda untuk berwira usaha, mungkin karena pemerintah kurang menciptakan iklim yang baik untuk berwirausaha

    ReplyDelete
  19. Info yang menarik, semoga semakin banyak wirausaha muda Indonesia...

    ReplyDelete
  20. Thanks infonya, sangat disayangkan jika jiwa berwirausaha tidak ditanamkan oleh orang tua , mungkin ada baiknya dijadikan kurikulum pendidikan di smu dan perguruan tinggi untuk menanamkan jiwa wirausaha kepada pemuda

    ReplyDelete
  21. Kewirausahaan di Indonesia memang harus ditingkatkan lagi, agar pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat meningkat. Post Artikel yang baik. Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. karena di dindonesia itu butuh perjuangan dan pengorbanan...
    justru itu orang di indonesia di tuntun untuk menjadi orang yang kuat dan mandiri...

    ReplyDelete
  23. karena di dindonesia itu butuh perjuangan dan pengorbanan...
    justru itu orang di indonesia di tuntun untuk menjadi orang yang kuat dan mandiri...

    ReplyDelete
  24. karena di dindonesia itu butuh perjuangan dan pengorbanan...
    justru itu orang di indonesia di tuntun untuk menjadi orang yang kuat dan mandiri...

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum...aLm jihAD. maei jadi hambah ALLAH yang bertaqwa

    ReplyDelete
  26. Setiap membaca Tulisan mas J saya slalu terispirasi ,, slau ada ide2 cemerlang dari ceritanya, memang menjadi pengusaha gak bisa ditwar2 lagi , menjadi pengusaha adalah solusi untuk semua permasalahan di negri ini,,,, dengan THE POWER OF KEPEPET pasti kita bisa menjawab kebuntuan2 yang terkadang tak mampu di terfikir oleh logika, Thanks buat mas j atas ide2nya,

    ReplyDelete
  27. karena di dindonesia itu butuh perjuangan dan pengorbanan...
    justru itu orang di indonesia di tuntun untuk menjadi orang yang kuat dan mandiri. tidak boleh digoyahkan oleh apa pun, tetap berjuang.

    ReplyDelete
  28. hemmhh,,setuju banget ama artikelnya,,mantabbss...
    inilah indonesia,,
    saya setuju dengan kata dari pad unjuk rasa lenih baik kita usaha...mantepp.
    thanks ya gan,,,

    ReplyDelete
  29. di bali juga sebenarnya banyak yang harus di perjuangkan, muslim juga sangat di hormati di Bali.. jangan pernah berpikir kalau islam tidak di perjuangkan disini,,,

    ReplyDelete
  30. artikel yang sangat bagus.
    terimakasih atas semuanya,
    dengan membaca artikel ini saya banyak pengetahun dalam beradab dan do'a pernikahan.

    ReplyDelete
  31. yups saya setuju karna setiap iindividu sudah di beri jalan masing masing dalam tanda kutip tidak mengenal latar pendidikannya..

    ReplyDelete
  32. hahah...gara-gara budi main bola bukan jual bola jadi indonesia kekurangan pengusaha

    ReplyDelete
  33. daripada ngamen lebih baik jualan permen.. tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah...

    ReplyDelete
  34. memang pada kenyataannya hanya ada banyak masalah, namun solusi dan pemecahannya sangat sulit untuk dilksankan ...

    ReplyDelete
  35. menjadikan seorang anak menjadi seseorang yang akan membanggakan kita, menjadi seseorang yang akan mengayuh kita, itu kita didik sedari kecil.
    Kita arahkan anak kita ke hal-hal yang bermanfaat bagi nya dan orang lain.

    ReplyDelete
  36. ayolah kita belajar dari sejarah untuk menatap masa depan yang lebih baik :D

    ReplyDelete
  37. ya orang tua saya pun begitu..kuliah mahal harus balik modal..

    ReplyDelete
  38. memang pada kenyataannya hanya ada banyak masalah, namun solusi dan pemecahannya sangat sulit untuk dilksankan ...

    ReplyDelete
  39. Bagus banget info2 nya gan


    thanks

    ReplyDelete

  40. Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

    Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

    Thanks



    ReplyDelete
  41. bagus juga nih pemikiran nya..
    kalo rakyat indonesia banyak yang berwirausaha pasti indonesia akan lebih makmur lagi.

    ReplyDelete
  42. pasti keren nih kalo ada bule yang jadi sopir pribadi orang indonesia.

    ReplyDelete
  43. semoga wirasausaha di indonesia semakin banyak.

    ReplyDelete
  44. artikel yang bagus..
    semoga orang-orang indonesia banyak yang berkeinginan menjadi seorang wirausaha.

    ReplyDelete
  45. artikelnya menarik nih :)
    thanks ya :D

    ReplyDelete
  46. Betul itu gan ...mari kita usaha yang halal

    ReplyDelete
  47. sangat setuju, InsyaAllah saya akan memulai jadi pengusaha, minta do'a nya ya semua, amin.
    “Daripada Unjuk Rasa, Lebih Baik Kita Buka Usaha!” I LIKE IT

    ReplyDelete
  48. terima kasih om udah mau share…
    beginilah indahnya berbagi :)

    ReplyDelete
  49. informasi yang sangat bermanfaat, makasih...

    ReplyDelete
  50. terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

    ReplyDelete
  51. salam sukses selalu moga bermamfaat infonya

    ReplyDelete
  52. ikut menyimak postingan nya ternayata bermanfaat sekali untuk saya dan juga para pembaca postingan ini makasih

    ReplyDelete
  53. kunjungan pagi dengan anda menyajikan artikel yang bermanfaat dan menambah ilmu dan wawasan saya dan juga para bloger artikel ini yang patut untuk di baca makasih

    ReplyDelete
  54. membaca dan memahami nya untuk menambah ilmu makasih banyak

    ReplyDelete
  55. kunjungan siang ijin menyimak artikelnya dan artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk saya dan para pembaca

    ReplyDelete
  56. informasinya sangat bermanfaat gan...sukses terus

    ReplyDelete
  57. semoga do`a terkabulkan dan menjadi kelarga yang sakinah

    ReplyDelete
  58. artikel ya membuat sy berinovasi lebih maju gan

    ReplyDelete
  59. semoga artikelnya bermanfaat gan. . sukses untuk blognya
    Thank's

    ReplyDelete
  60. Sangat membantu dan bermanfaat benget gan artikelnya. . update terus ya
    salam kenal

    ReplyDelete
  61. Nice gan artikelnya. . sangat bermanfaat dan memotivasi sekali.
    Lanjutkan ya gan. :)

    ReplyDelete
  62. bermanfaat banet infonya, terimakasih

    ReplyDelete
  63. artikelnya sangat bermanfaat, saya tunggu update artikel berikutnya. terima kasih

    ReplyDelete
  64. terimakasih atas sumber infonya memotifasi

    ReplyDelete
  65. menarik dan memotifasi gan infonya, sukses

    ReplyDelete
  66. kalo di negeri kita baru mulai usaha aja udah di teror setoran sana sini, kapan kita mau maju

    ReplyDelete
  67. Andai saja sebagian anak muda kita mau menjadi pengusaha

    ReplyDelete
  68. bener banget nih negara kita masih sedikit sekali yang jadi pengusaha.. cenderung suka kerja kantoran cuma semata-mata mencari uang pensiunan yang jumlahnya juga gak seberapa

    ReplyDelete
  69. semangat kak, motivasi nya kk luar biasa bgt ^^

    ReplyDelete
  70. zaman sekarang memang kebanyakan yang koropsi..alngkah teganya yah pejabat" tinggi melakukan korupsi gtu ga kacian ya sama masyarakat yang sangat membutuhkannya...

    ReplyDelete
  71. Banyak juga ya jumlah pengangguran ditahun 2005, apakah ditahun 2016 ini sama banyaknya seperti tahun-tahun sebelumnya ?

    ReplyDelete

  72. You Actually Make It Appear So Easy Along With Your Presentation But I Find This Matter To Be Actually One Thing That I Think I Might Never Understand. It Sort Of Feels Too Complex And Extremely Large For Me. I Am Having A Look Ahead To Your Subsequent Post, I?ll Attempt To Get The Dangle Of It! Sanmichele sanmichele, Owpweb owpweb, Miss Watson miss watson, Slovenskyraj slovenskyraj, Marilynprague marilynprague, Bohemaland bohemaland

    ReplyDelete

  73. Fantastic Site. A Lot Of Useful Info Here. I?m Sending It To Some Friends Ans Also Sharing In Delicious. And Of Course, Thank You On Your Sweat! Duesseldorf Magics duesseldorf magics, Esportsord esportsord, Middlewich Festival middlewich festival, Fundacion Paisaje fundacion paisaje, Misunderstood Universe misunderstood universe, Asru2005 asru2005

    ReplyDelete

  74. Wow, Fantastic Blog Structure! How Long Have You Ever Been Running A Blog For? You Made Blogging Glance Easy. The Overall Glance Of Your Web Site Is Excellent, As Neatly As The Content! Pretvornik Valut pretvornik valut, Merely Flawed merely flawed, Tkiva tkiva, Imaginestation imaginestation, Dajinskapodrska dajinskapodrska, Kyoukan kyoukan

    ReplyDelete
  75. isi artikelnya sgt bagus. thanks gan.

    White Label Bola
    Sportsbook Indonesia
    Judi Bola
    Agen Judi Bola
    Agen Bola Online

    ibet57 white label bola sportsbook indonesia judi bola agen judi bola agen bola agen bola online agen bola terpercaya agen bola resmi taruhan bola

    ReplyDelete
  76. isi artikelnya sgt bagus. thanks gan.

    White Label Bola
    Sportsbook Indonesia
    Judi Bola
    Agen Judi Bola
    Agen Bola Online

    ibet57 white label bola sportsbook indonesia judi bola agen judi bola agen bola agen bola online agen bola terpercaya agen bola resmi taruhan bola

    ReplyDelete
  77. islami sekali
    http://dewakartu168.com/ Dewa Poker dan Ceme Keliling Online adalah situs permainan Capsa Susun terpercaya yang dapat anda akses dengan mudah.

    ReplyDelete
  78. Semangat menjadi wirausaha, ayo kita berbagi ilmu tentang wirausaha

    ReplyDelete
  79. TOGEL MANIA. MARI BERGABUNG SEKARANG JUGA DI KAPAL4D (BANDAR TOGEL ONLINE MENJAMIN KENYAMANAN PEMAIN DALAM BERMAIN)
    Kami Memiliki Promo:
    *Hadiah Bolak-Balik 2D,3D,4D (min pembelian pada line bb 15rb)
    *Bonus New Member Rp. 10.000,-
    *Bonus Setiap Deposit 1% (tanpa batas)
    *Bonus Refferal 1%

    bandar togel
    togel hongkong
    togel singapore
    judi togel
    angka main
    angka togel
    main togel online

    ReplyDelete
  80. UNTUK PECINTA TOGEL MANIA. MARI GABUNG YUK SEKARANG JUGA DI KAPAL4D (BANDAR TOGEL ONLINE MENJAMIN KENYAMANAN PEMAIN DALAM BERMAIN)
    Kami Memiliki Promo:
    *Hadiah Bolak-Balik 2D,3D,4D (min pembelian pada line bb 15rb)
    *Bonus New Member Rp. 10.000,-
    *Bonus Setiap Deposit 1% (tanpa batas)
    *Bonus Refferal 1%
    Dengan Diskon & Hadiah Untuk Semua Pasaran:
    *4D : 66% x3000
    *3D : 59% x400
    *2D : 29% x70
    *2DD : 27% x65
    *2DT : 25% x70
    BURUAN GABUNG DAN RASAKAN PELAYANAN KAMI DENGAN DEPO WD SUPER TERCEPAT & TRANSAKSI AMAN 100%
    HANYA DI WWW.KAPAL4D.NET
    DAFTAR : http://www.kapal4d.net/ref/klikhoky
    LINE : kapal4d
    WA : +855962200895
    SALAM JP ..

    bandar togel
    Agen togel
    togel online
    togel online terpercaya
    buku mimpi togel
    bandar togel

    ReplyDelete
  81. sangat membantu saya dan menjadikan saya lebih maju, terus berkarya ya kak^^ makasi

    King ID PRO
    ID PRO
    ID King PRO
    ID King
    Akun ID Pro

    ReplyDelete
  82. pusat4d login
    mainkan judi bola di poin365 kesempatan anda memenangkan jutaan dan hadiah menarik lainnya lebih besar

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan masukan unek"nya disini yach....

Popular posts from this blog

untuk wanita

Jadikanlah ghadhul bashar (menundukkan pandangan) sebagai hiasan kedua matamu, niscaya akan semakin bening dan jernih. Oleskan lipstick kejujuran pada bibirmu, niscaya semakin manis. Gunakan pemerah pipimu dengan kosmetika yang terbuat dari rasa malu. Pakailah sabun istighfar untuk menghilangkan semua dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Rawatlah rambutmu dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki asing yang membahayakan. Pakailah giwang kesopanan pada kedua belah telingamu. Hiaslah kedua tanganmu dengan gelang tawadhu dan jari-jarimu dengan cincin persahabatan. Sebaik-baik kalung yang kamu pakai adalah kalung kesucian Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyyah, Ghadhul Bashar (menundukkan pandangan) dari hal-hal yang diharamkan memberikan tiga manfaat besar. 1. Merasakan manis dan lezatnya iman. 2. Hati bercahaya dan firasat tajam. 3. Hati semakin kuat, teguh, dan berani.

Motivasi Kerja Dalam Islam

Published by Rahmat ST on July 28th, 2010 08:20 AM | Inspirasi, Motivasi Karyawan, Motivasi Kerja, Wawasan Islam Motivasi Kerja Dalam Islam Reviewed by Rahmat ST on July 28 Description: Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam , kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara ... Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara memenuhi kebutuhan fisik itu ialah dengan bekerja. Motivasi kerja dalam Islam itu adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Motivasi kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup

MENINGGALKAN YANG HARAM MAKA KELUARLAH AROMA MINYAK KESTURI DARI BADANNYA

Ada seorang pemuda yang perkerjaannya menjual kain. Setiap hari dia memikul kain-kain dagangannya dan berkeliling dari rumah ke rumah. Kain dagangan pemuda ini dikenal dengan nama "Faraqna" oleh orang-orang. Walaupun pekerjaannya sebagai pedagang, tetapi pemuda ini sa-ngat tampan dan bertubuh tegap, setiap orang yang melihat pasti menyenanginya. Pada suatu hari, saat dia berkeliling melewati jalan-jalan besar, gang-gang kecil dan rumah-rumah penduduk sambil berteriak menawarkan dagangannya: "faraqna-faraqna", tiba-tiba ada seorang wanita yang melihatnya. Si wanita itu memanggil dan dia pun menghampirinya. Dia dipersila-kan masuk ke dalam rumah. Di sini si wanita terpesona melihat ketampanannya dan tumbuhlah rasa cinta yang begitu besar dalam hatinya. Lalu si wanita ini berkata: "Aku memanggilmu tidak untuk membeli daganganmu., tetapi aku memanggilmu karena kecintaanku kepadamu. Dan di rumah ini sekarang sedang kosong." Selanjutnya, si wanita ini membujuk d