Skip to main content

Motivasi Kerja Dalam Islam

Published by Rahmat ST on July 28th, 2010 08:20 AM | Inspirasi, Motivasi Karyawan, Motivasi Kerja, Wawasan Islam Motivasi Kerja Dalam Islam Reviewed by Rahmat ST on July 28 Description:

Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara ...
Motivasi Kerja Sejati
Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara memenuhi kebutuhan fisik itu ialah dengan bekerja. Motivasi kerja dalam Islam itu adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Motivasi kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup hedonis, bukan juga untuk status, apa lagi untuk mengejar kekayaan dengan segala cara. Tapi untuk beribadah. Bekerja untuk mencari nafkah adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam.
Motivasi Kerja Dalam Islam Cobalah simak beberapa kutipan hadist dibawah ini. Anda bisa melihat bagaimana istimewanya bekerja mencari nafkah menurut sabda Nabi saw. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad) Luar biasa, dikatakan dalam hadits diatas bahwa mencari nafkah adalah seperti mujahid, artinya nilainya sangat besar.
Allah suka kepada hambanya yang mau berusah payah mencari nafkah.
Saya kira, ini lebih dari cukup sebagai motivasi kerja kita sebagai muslim. Bahkan, kita pun berpeluang mendapatkan ampunan dari Allah. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad) Hukumnya Wajib
Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam hukumnya wajib. Ini menandakan bagaimana penting mencari rezeki yang halal. Dengan demikian, motivasi kerja dalam Islam, bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya.
Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
Perlu diperhatikan dalam hadist di atas, ada kata sesudah. Artinya hukumnya wajib sesudah ibadah lain yang fardhu. Jangan sampai karena merasa sudah bekerja, tidak perlu ibadah-ibadah lainnya. Meski kita bekerja, kita tetap wajib melakukan ibadah fardhu seperti shalat, puasa, ibadah haji, zakat, jihad, dan dakwah. Jangan sampai kita terlena dengan bekerja tetapi lupa dengan kewajiban lainnya. Jika Motivasi Kerja Sebagai Ibadah
Jika motivasi kerja kita sebagai ibadah, tentu yang namanya ibadah ada aturannya. Memang berbeda dengan ibadah ritual atau ibadah mahdhah, sebab bekerja sebagai ibadah ghair mahdhah. Artinya, dalam kaidah ushul Fiqh, kita memiliki kebebasan yang luas untuk bekerja selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat, sebab amal akan tergantung niat. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah.
Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk itu kita perlu memperhatikan: Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Cara melakukan pekerjaan kita. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian, batasan antara laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.
Etos Kerja Seorang Muslim Jika tujuan bekerja begitu agung. Untuk mendapatkan ridha Allah Subhaanahu wa ta'ala, maka etos kerja seorang Muslim haruslah tinggi. Sebab motivasi kerja seorang Muslim bukan hanya harta dan jabatan, tetapi pahala dari Allah. Tidak sepantasnya seorang Muslim memiliki etos kerja yang lemah. Coba perhatikan diatas, ada kata-kata "susah payah" dan "kelelahan" yang menandakan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, dan jauh dari sifat malas.
Jadi, tidak ada kata malas atau tidak serius bagi seorang Muslim dalam bekerja. Motivasi kerja dalam Islam bukan semata mencari uang semata, tetapi serupa dengan seorang mujahid, diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan tentu saja ini adalah sebuah kewajiban seorang hamba kepada Allah SWT.
Profesional dan Ahli Dalam hadits diatas juga disebutkan kata profesional dan ahli. Jika motivasi kerja Anda sebagai ibadah, maka Anda akan melakukannya dengan sebaik mungkin. Anda akan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bekerja. Anda terus belajar dan berlatih agar semakin hari menjadi semakin ahli dalam bekerja. Kemauan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bisa dijadikan ukuran apakah motivasi kerja Anda untuk ibadah atau bukan.
Adil Dalam Bekerja Salah satu bentuk profesional itu adalah 'adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jika waktunya bekerja, Anda bekerja. Jika waktunya istirahat atau shalat, Anda bisa shalat dan istirahat. Jika tidak, maka bisa termasuk melakukan hal yang dzalim, tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. 'Adil juga berarti, Anda bekerja sesuatu tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang Anda miliki. Semoga motivasi kerja kita semua sebagai ibadah dan dibuktikan dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. motivasi islam

Add to Google Reader or Homepage Subscribe

Comments

  1. informasi yang sangat bagus terima kasih. sangat bermanfaat untuk pencerah :)

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat memotivasi...
    thanks yah gan.

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas artikel motivasi nya...
    semoga bermanfaat juga untuk yang lain.

    ReplyDelete
  4. motivasi nya sangat bagus...
    terimakasih pa...

    ReplyDelete
  5. wahh gan,nice share gan.. sangat menginspirasi gan ! thanks gan,, sukses selalu :D

    ReplyDelete
  6. Mantef banget nih infonya,boleh dong gabung..heee

    ReplyDelete

  7. lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  8. article and your post is very nice, thank you for info'nya well, I wait for your next article and posting .... :)

    ReplyDelete
  9. Sekedar kasih info gan
    Kini telah hadir obat wasir tanpa efek samping yang Insya Allah menyembuhkan wasir

    ReplyDelete
  10. Informasi yang seperti ini yang lagi saya cari.

    ReplyDelete


  11. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete


  12. Makin mantab aja ni sob informasinya

    ReplyDelete
  13. wah benar, islam itu tidak mengajarkan kepada kita untuk bermlas malasan

    ReplyDelete

  14. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete

  15. saya numpang buat nambah backlink di sini ya

    ReplyDelete
  16. Info yang sangat bermanfaat sekali mas... ditunggu info2 terbaik lainnya...

    ReplyDelete
  17. terimakasih banyak ya atas motifasinya saya sangat senang bacanya dan saya juga akan menjalankannya dalam kehidupan sehari2 saya lam kenal aja.......!

    ReplyDelete
  18. terimakasih banyak ya atas motifasinya saya sangat senang bacanya dan saya juga akan menjalankannya dalam kehidupan sehari2 saya lam kenal aja.......!

    ReplyDelete

  19. makasih ya atas infonya , mudah mudahan bermanfaat trus .

    ReplyDelete
  20. Melihat sisi positif yang seharusnya bisa kita contoh

    ReplyDelete
  21. Melihat sisi positif yang seharusnya bisa kita contoh

    ReplyDelete
  22. semoga bisa jd inspirasi bagi orang lain..sukses ya

    ReplyDelete
  23. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih

    ReplyDelete
  24. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih

    ReplyDelete

  25. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih
    bravo untuk anda yang mengelola site ini .
    sukses yah semoga bisa menjadi inspirasi untuk yg lain..

    ReplyDelete
  26. semoga setelah baca artikel ini motivasi saya menjadi semakin meningkat... thanks gan infonya.

    ReplyDelete
  27. Tulisan yang sangat menginspirasi. Saya akan tunggu postingan saudara berikutnya. Jangan lupa untuk kunjungan baliknya ya...

    ReplyDelete
  28. saya rasa ini sangat luar biasa tuk diri saya thanks atas infonya........!

    ReplyDelete
  29. terimaksih banyak atas infonya saya sangat termotifasi sekali dengan artikelnya aga thanks.........!

    ReplyDelete
  30. terimakasih banyak atas tipsny dan motifasinya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

    ReplyDelete
  31. Bagus banget info2 nya gan


    thanks

    ReplyDelete
  32. terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya......!

    ReplyDelete
  33. motivasi sangat penting sekali, salam sukses aja, saya juga sering menulis motivasi dalam blog saya.

    ReplyDelete
  34. tulisan yang sangat inspiratif dan sangat bermanfaat. kita memang wajib berusaha sekuat tenaga mencari nafkah halal untuk kita dan keluarga. rizki yang halal dan barokah akan membuat kehidupan rumahtangga harmonis, jauh dari malapetaka. terima kasih postingannya gan, sangat sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  35. terimakasih atas tipsnya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

    ReplyDelete
  36. Ternyata perkiraan saya selama ini, bekrja hanya cari uang saja itu tidak benar ya sob ?

    ReplyDelete
  37. saya sangat berterima kasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  38. bermanfaat banget infonya-infonya bagi saya


    makasih ya gan

    ReplyDelete

  39. Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

    Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

    Thanks



    ReplyDelete

  40. Bagus banget informasinya gan

    lanjutkan terus ya

    ReplyDelete
  41. terima kasih infonya gan, bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  42. Bagus banget informasinya dan semoga semakin sukses.

    ReplyDelete
  43. tulisan yang sangat luar biasa sangat bermanfaat. kita memang wajib bekerja,berdoa dan bersyukur agar mendapatkan rizki yang halal dan barokah akan membuat kehidupan rumahtangga sejahtera dan harmonis, jauh dari malapetaka. terima kasih postingannya gan.

    ReplyDelete
  44. Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

    ReplyDelete

  45. Saya sangat bangga pada diri Anda, karena bisa memberitahukan imajinasi yang baru untuk bisa diketahui oleh orang banyak. Salut, info yang sangat bagus. Teruskan gan!

    ReplyDelete
  46. yang paling memotivasi itu kerja mencari nafkah sama dengan berjihad di jalan allah.

    ReplyDelete
  47. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  48. sangat bermanfaat untuk pencerahan infonya gan....terima kasih gan atas infonya....

    http://www.rotanmebeljepara.com/jam-hias-jati/

    ReplyDelete
  49. jangan lupa sholat 5 waktu..biar tambah maknyoss doanya...

    ReplyDelete
  50. wah terima kasih ya udah berbagi

    ReplyDelete
  51. Terima kasih atas pencerahan yang telah di berikan.

    ReplyDelete
  52. Di samping bekerja & berdoa jangan lupa shodaqoh.

    ReplyDelete
  53. Baru kali ini saya temukan sebuah artikel yang sangat berkesan banget bagi saya, Thanks ya.

    ReplyDelete
  54. Salam...
    Terimakasih ghan Informasinya bagus banget

    ReplyDelete
  55. boleh juga nie info?bermanfaat gan terimakasih

    ReplyDelete
  56. Informasi yang bermanfaat
    Terima kasih telah berbagi
    Mampir atuh... ;)
    riefsaz.blogspot.com

    ReplyDelete
  57. terimakasih gan, informasinyya,
    bermanfaat bagi kita.
    di tunggu kunjungan baliknya ya . . ..

    ReplyDelete
  58. subhanallah manteb sekali gannnn

    ReplyDelete
  59. Salam hangat gan, informasinya sangat bagus dan penting sekali buat saya karena bisa menambah wawasan yang sekarang saya miliki. Terimakasih, salam sejahtera.

    ReplyDelete
  60. With this site,http://longtermpaydayloanscanada.blogspot.com you can borrow funds easily even if you are bad credit holder without any paperwork and security.

    ReplyDelete
  61. mantap, gan sekaligus keren postingannya

    ReplyDelete
  62. Masih artikelnya, sangat bagus dan menambah wawasan serta motivasi saya dalam pekerjaan.

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. subhanalloh..
    ketiaka kamu sudah melakukan sholat maka bertebaranlah kamu dimuka bumi ini, sesungguhnya dalam islam mengajarkan agar kita bekerja keras untuk memperoleh kehiduan yang baik, dan semata mata kana ibadah dan mengharap keridhoan alloh swt.

    ReplyDelete
  65. terima kasih atas artikelnya klo sempat kunjungi ya

    ReplyDelete
  66. salam kenal,

    islam memang indah, termasuk dalam soal bekerja pun bisa di jadikan ibadah!

    ReplyDelete
  67. walhualam....

    bekerja juga termasuk ibadah :D

    ReplyDelete
  68. nice post mas broo slam kenal..

    ReplyDelete
  69. infonya menarik gan
    jangan lupa mampir juga kesini
    Nevermore-404

    ReplyDelete
  70. Infonya sangat bagus dan dapat memberikan motivasi juga bagi umat muslim.

    Salam kenal!

    ReplyDelete
  71. info yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  72. bener tuh... mestinya setiap insan muslim harus lebih bersemangat dalam beraktivitas

    ReplyDelete
  73. informasi yang sangat bermanfaat bagi saya terus berkarya gan ,,,

    ReplyDelete
  74. inisyallah ini tulisannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  75. Makasih artikelnya, dengan landasan motivasi kerja yang kuat maka akan menghasilkan karya yang luar biasa.

    ReplyDelete
  76. Semoga kita selalu diberi kesuksesan oleh Alloh SWT. Kita harus selalu mengacu pada Kiat Sukses Nabi Muhammad SAW

    ReplyDelete
  77. dalam bekerja apapun tuhan pasti menyukainya asalkan halal :)

    ReplyDelete
  78. memang segala yang diperintahkan oleh Allah pasti ada manfaatnya dari segi manfaat tubuh termasuk kesehatan. Apalagi shalat!

    terimakasih

    ReplyDelete
  79. Terima kasih banyak untuk motivasinya.. Semoga dengan membaca artikel ini ane jadi bisa semangat kerja dan semakin termotivasi..
    Salam sukses bro!

    ReplyDelete
  80. Memang bekerja adalah suatu kewajiban yang di perintahkan Allah, maka dari itu bekerjalah dengan cara halal.

    Salam kenal!

    ReplyDelete
  81. Memang bekerja adalah suatu kewajiban yang di perintahkan Allah, maka dari itu bekerjalah dengan cara halal.

    Salam kenal!

    ReplyDelete
  82. Informasinya sangat menarik, makasi infonya.. ditunggu kunjungan baliknya ke blog saya 1000 Unik

    Thank's

    ReplyDelete
  83. nice to post, terimakasih banyak informasinya

    ReplyDelete
  84. Blog ini sangat informatif,menyediakan informasi tentang bagaimana cara menjalani hidup melalui pendidikan Islami ,,, Sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  85. bener bangtttt..
    bagus gan ..
    kita memang harus berdoa , bekerja keras, dan hasilnya serahin ma yang di atas

    ReplyDelete
  86. terimakasih atas infonya gan...

    ReplyDelete
  87. terimakasih informasinya semoga makin sukses

    ReplyDelete
  88. Terimakasih sharingnya bermanfaat buat saya dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca juga..

    ReplyDelete
  89. imbalan akan menyesuaikan sendiri dengan apa yang telah kita kerjakan. tetap semangat.

    ReplyDelete
  90. Benar benar mandapatkan pencerahan pak, terimakasih atas artikelnya :)

    ReplyDelete
  91. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete
  92. wahh gan,nice share gan.. sangat menginspirasi gan ! thanks gan,, sukses selalu :D

    ReplyDelete
  93. mantap..
    artikel yang bermanfaat..

    ReplyDelete
  94. informasi yang memberi saya pengetahuan

    ReplyDelete
  95. terimakasih gan infonya langsung aja kunjungannya ke tkp,lam kenal aja..

    ReplyDelete
  96. Alhamdulillah wa barokumulloh atas artikel yang mencerahkan ini.

    Bagi yang berminat download gratis kitab maktabah syamilah silahkan mampir ke blog saya. Regards!

    ReplyDelete
  97. Sekedar kasih info gan........
    Kini telah hadir obat herbal yang dahsyat Insya Allah menyembuhkan dan menyehatkan

    ReplyDelete
  98. terimakasih atas info tentang hadits sohih nya

    ReplyDelete
  99. terimakasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
  100. memang harusnya kita memotivasi semua kegiatan kita sebagai ibadah....

    ReplyDelete
  101. wahhh.. jadi inspirasi lagi nih..!

    thanks infonya gan..!

    ReplyDelete
  102. inspiratif banget gan...
    motivasi kerja seeprti islam.. keren
    dateng ke blog gw gan www.ngecat.blogspot.com

    ReplyDelete
  103. CDW Blog Kumpulan Tips Trik Informasi Dan Humor.

    Terbaru

    Cara Tes Kemampuan Komputer.

    Video Kocak Arya Wiguna vs Eyang Subur.
    Video Kocak Arya Wiguna vs Eyang Subur.

    Teknologi Terbaru PlayStation 4.

    Camera CCTV Di Google.

    HOT
    Gam Dread Out Buatan Indonesia Laris Di Luar Negri.
    Download Game Dread Out Indonesia Gratis.

    Tersedia Slot Iklan.
    http://christiandwiwijaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  104. Tapi kan bekerja nggak perlu juga bersusah payah...Just love what you do, and do what you love. Pekerjaan dilakukan dengan senang hati.

    ReplyDelete
  105. Bekerja keras itu pahalanya sangat besar. Berlomba-lomba untuk bekerja dengan niat yang ikhlas, Insya Allah, Allah akan mmeberikan rejeki yang tidak disangka-sangka.

    ReplyDelete
  106. Bekerja dengan hati. Itu adalah jargon modern yang diusung oleh semua perusahaan ternama. Dan jargon itu sebetulnya sudah diajarkan oleh Islam sejak dulu

    ReplyDelete
  107. Semua orang harus membaca artikel ini. Layak untuk di share

    ReplyDelete
  108. Apalagi jika pekerjaannya adalah sebagai guru. Pahalanya dua kali lipat..

    ReplyDelete
  109. Sungguh luar biasa artikelnya sangat menggugah

    ReplyDelete
  110. Bekerja dengan hati sama dengan memasak masakan yang sedap dan sehat. Penuh kenikmatan....

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan masukan unek"nya disini yach....

Popular posts from this blog

untuk wanita

Jadikanlah ghadhul bashar (menundukkan pandangan) sebagai hiasan kedua matamu, niscaya akan semakin bening dan jernih. Oleskan lipstick kejujuran pada bibirmu, niscaya semakin manis. Gunakan pemerah pipimu dengan kosmetika yang terbuat dari rasa malu. Pakailah sabun istighfar untuk menghilangkan semua dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Rawatlah rambutmu dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki asing yang membahayakan. Pakailah giwang kesopanan pada kedua belah telingamu. Hiaslah kedua tanganmu dengan gelang tawadhu dan jari-jarimu dengan cincin persahabatan. Sebaik-baik kalung yang kamu pakai adalah kalung kesucian Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyyah, Ghadhul Bashar (menundukkan pandangan) dari hal-hal yang diharamkan memberikan tiga manfaat besar. 1. Merasakan manis dan lezatnya iman. 2. Hati bercahaya dan firasat tajam. 3. Hati semakin kuat, teguh, dan berani.

MENINGGALKAN YANG HARAM MAKA KELUARLAH AROMA MINYAK KESTURI DARI BADANNYA

Ada seorang pemuda yang perkerjaannya menjual kain. Setiap hari dia memikul kain-kain dagangannya dan berkeliling dari rumah ke rumah. Kain dagangan pemuda ini dikenal dengan nama "Faraqna" oleh orang-orang. Walaupun pekerjaannya sebagai pedagang, tetapi pemuda ini sa-ngat tampan dan bertubuh tegap, setiap orang yang melihat pasti menyenanginya. Pada suatu hari, saat dia berkeliling melewati jalan-jalan besar, gang-gang kecil dan rumah-rumah penduduk sambil berteriak menawarkan dagangannya: "faraqna-faraqna", tiba-tiba ada seorang wanita yang melihatnya. Si wanita itu memanggil dan dia pun menghampirinya. Dia dipersila-kan masuk ke dalam rumah. Di sini si wanita terpesona melihat ketampanannya dan tumbuhlah rasa cinta yang begitu besar dalam hatinya. Lalu si wanita ini berkata: "Aku memanggilmu tidak untuk membeli daganganmu., tetapi aku memanggilmu karena kecintaanku kepadamu. Dan di rumah ini sekarang sedang kosong." Selanjutnya, si wanita ini membujuk d