Skip to main content

Motivasi Kerja Dalam Islam

Published by Rahmat ST on July 28th, 2010 08:20 AM | Inspirasi, Motivasi Karyawan, Motivasi Kerja, Wawasan Islam Motivasi Kerja Dalam Islam Reviewed by Rahmat ST on July 28 Description:

Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara ...
Motivasi Kerja Sejati
Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara memenuhi kebutuhan fisik itu ialah dengan bekerja. Motivasi kerja dalam Islam itu adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Motivasi kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup hedonis, bukan juga untuk status, apa lagi untuk mengejar kekayaan dengan segala cara. Tapi untuk beribadah. Bekerja untuk mencari nafkah adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam.
Motivasi Kerja Dalam Islam Cobalah simak beberapa kutipan hadist dibawah ini. Anda bisa melihat bagaimana istimewanya bekerja mencari nafkah menurut sabda Nabi saw. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad) Luar biasa, dikatakan dalam hadits diatas bahwa mencari nafkah adalah seperti mujahid, artinya nilainya sangat besar.
Allah suka kepada hambanya yang mau berusah payah mencari nafkah.
Saya kira, ini lebih dari cukup sebagai motivasi kerja kita sebagai muslim. Bahkan, kita pun berpeluang mendapatkan ampunan dari Allah. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad) Hukumnya Wajib
Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam hukumnya wajib. Ini menandakan bagaimana penting mencari rezeki yang halal. Dengan demikian, motivasi kerja dalam Islam, bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya.
Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
Perlu diperhatikan dalam hadist di atas, ada kata sesudah. Artinya hukumnya wajib sesudah ibadah lain yang fardhu. Jangan sampai karena merasa sudah bekerja, tidak perlu ibadah-ibadah lainnya. Meski kita bekerja, kita tetap wajib melakukan ibadah fardhu seperti shalat, puasa, ibadah haji, zakat, jihad, dan dakwah. Jangan sampai kita terlena dengan bekerja tetapi lupa dengan kewajiban lainnya. Jika Motivasi Kerja Sebagai Ibadah
Jika motivasi kerja kita sebagai ibadah, tentu yang namanya ibadah ada aturannya. Memang berbeda dengan ibadah ritual atau ibadah mahdhah, sebab bekerja sebagai ibadah ghair mahdhah. Artinya, dalam kaidah ushul Fiqh, kita memiliki kebebasan yang luas untuk bekerja selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat, sebab amal akan tergantung niat. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah.
Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk itu kita perlu memperhatikan: Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Cara melakukan pekerjaan kita. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian, batasan antara laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.
Etos Kerja Seorang Muslim Jika tujuan bekerja begitu agung. Untuk mendapatkan ridha Allah Subhaanahu wa ta'ala, maka etos kerja seorang Muslim haruslah tinggi. Sebab motivasi kerja seorang Muslim bukan hanya harta dan jabatan, tetapi pahala dari Allah. Tidak sepantasnya seorang Muslim memiliki etos kerja yang lemah. Coba perhatikan diatas, ada kata-kata "susah payah" dan "kelelahan" yang menandakan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, dan jauh dari sifat malas.
Jadi, tidak ada kata malas atau tidak serius bagi seorang Muslim dalam bekerja. Motivasi kerja dalam Islam bukan semata mencari uang semata, tetapi serupa dengan seorang mujahid, diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan tentu saja ini adalah sebuah kewajiban seorang hamba kepada Allah SWT.
Profesional dan Ahli Dalam hadits diatas juga disebutkan kata profesional dan ahli. Jika motivasi kerja Anda sebagai ibadah, maka Anda akan melakukannya dengan sebaik mungkin. Anda akan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bekerja. Anda terus belajar dan berlatih agar semakin hari menjadi semakin ahli dalam bekerja. Kemauan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bisa dijadikan ukuran apakah motivasi kerja Anda untuk ibadah atau bukan.
Adil Dalam Bekerja Salah satu bentuk profesional itu adalah 'adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jika waktunya bekerja, Anda bekerja. Jika waktunya istirahat atau shalat, Anda bisa shalat dan istirahat. Jika tidak, maka bisa termasuk melakukan hal yang dzalim, tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. 'Adil juga berarti, Anda bekerja sesuatu tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang Anda miliki. Semoga motivasi kerja kita semua sebagai ibadah dan dibuktikan dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. motivasi islam

Add to Google Reader or Homepage Subscribe

Comments

  1. wah bagus mas astikelnya....
    selain itu juga sangat bermanfaat bagi saya...
    trimakasih....

    ReplyDelete
  2. Thanks gan artikel anda sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali,,, juga info-infonya sangat unik & menarik ,saya tunggu ya info-info selanjutnya
    kunjungi balik di web saya

    ReplyDelete
  3. memang benar kita harus bekerja keras seakan kita hidup selamnya dan tekun beribadah seakan kita mati besok

    ReplyDelete
  4. Makasih Sob infonya sangat menarik Postnya

    ReplyDelete
  5. Info yang sangat penting dan info yang sangat bermanfaat ,infonya juga sangat bagus, juga menarik
    Thanks gan semoga bermanfaat

    kunjungi di website kami

    ReplyDelete
  6. Great post, lumayan nambah motivasi :D


    http://www.lowongansoloraya.com/

    ReplyDelete
  7. Definitely believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the net the
    easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get
    irked while people consider worries that they plainly do not know about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side-effects
    , people could take a signal. Will probably be back to
    get more. Thanks

    My site Polo Ralph Lauren Outlet

    ReplyDelete
  8. ada juga kan ya ayat al quran yang kira-kira bunyinya "bekerja lah kamu, maka biarlah Allah dan rasulnya yang melihat.."

    ReplyDelete
  9. makasih gan..atas infonya..jangan lupa kunjungan baliknya yah,,,thx
    assalamu'alaikum.

    ReplyDelete
  10. Semoga artikel motivasinya bermanfaat untuk kita semua. amin

    ReplyDelete
  11. Nice gan infonya ,thanxs sharenya sangat bermanfaat sekali,, sehingga bisa memotivasi hidup saya
    Sukses selalu
    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. This blog was... how do I say it? Relevant!

    ! Finally I have found something that helped me.
    Thank you!

    Have a look at my blog post - dm500

    ReplyDelete
  13. manjada wa jada.
    yang betul, usaha, do'a baru bersabar.
    tetap semangat dan salam sukses.

    ReplyDelete
  14. ini adalah artikel bagus, terima kasih untuk berbagi.
    silahkan kunjungi saya:

    ReplyDelete
  15. kerja dengan niat ibadah. sungguh sangat istimewa....

    ReplyDelete
  16. Benar sekali gan!bekerja juga salah satu cara agar tidak meminta minta

    ReplyDelete
  17. insyallah artikel ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. motivasi emang penting buat kelancaran kerja kita ..

    ReplyDelete
  19. I’m new to blogging as well, but know my way around Blogger a bit. I’m glad I came across your site… There seems to be a wealth of great information here and I really enjoyed this post. Good day! I just wish to give a huge thumbs up for the nice info you have here on this post. I will likely be coming back to your blog for more soon. Thanks!
    I've also click advertising

    ReplyDelete
  20. blog yang banyak manfaatnya nih,,, semoga mendapat pahala... aamiin

    ReplyDelete
  21. Motivasi yang sangat bagus gan....semoga sll bermnafaat bg kita semua

    ReplyDelete
  22. terimakasih atas infonya kawan

    ReplyDelete
  23. iya mksih infonya, sukses ya ..

    ReplyDelete
  24. benar sekali dengan bekerja/mencari nafkah yang halal hidup kita akan selalu tentam dan damai serta tidak memberi hasil kerja buat keluarga dari kerjaan yang bukan dengan cara yang tidak di perbolehan oleh agama.

    ReplyDelete
  25. Mantap, tingkatkan truss Postingannya gan, khusus islami..thx

    ReplyDelete
  26. sebelumnya saya minta maap ya gan klo saja komen saya kurag berkenan di hati aga, terima kasih banyak gan atas artikel agan, ini sangat bermanfaat sekali buat saya khususnya, mg jd amal baik buat agan,,salam kenal ya gan gan dari saya pendatang baru yang ingin banyak belajar tentang internet dan online

    ReplyDelete
  27. Informasi yang sangat memotivasi para pembacanya.

    ReplyDelete
  28. bagi saya pribadi info ini sangat bermanfaat sekalii.

    ReplyDelete
  29. Insya Allah kita adalah orang-orang yang bekerja keras dalam mencari rejeki (uang), terima kasih artikelnya mas

    ReplyDelete
  30. Sangat bagus inspirasi islamiah ini, kembangkan terus gan postingaanya tentang islami

    salam by Share All INfo

    ReplyDelete
  31. thanks postingannya gan
    terus menulis yg kyk gini yah

    ReplyDelete
  32. Terimakasih banyak atas infonya gan. semoga sukses terus

    ReplyDelete
  33. bekerja memang bukan hanya untuk dunia tapi juga untuk akhirat.

    ReplyDelete
  34. subhannallah..
    salam blogger gan..
    ane tunggu para blogger kunjungan baliknya..
    semoga sukses dan berkah kepada anda semua...

    ReplyDelete
  35. terimakasih, sangat menambah pengetahuan dibidang hadist shahih rasul...

    ReplyDelete
  36. Artikel yang menarik..!
    salam kenal dan semoga sukses...

    ReplyDelete
  37. makasih untuk infonya . mudah-mudahan bermanfaat..

    ReplyDelete
  38. wah,. jadi ikut termotivasi,. makaih sudah berbagi ilmu'a,..

    ReplyDelete
  39. Sangat luar biasa artikelnya. setelah membaca dan menghayatinya. ini sangat bermanfaat sekali khususnya bagi kita kaum muslimin. kerja bukan hanya mencari harta dan jabatan.. melainkan mencari ridho dan amal allah SWT. amien ya robal alamin..

    ReplyDelete
  40. ya betul mas islam adalah suatu pekerjaan

    ReplyDelete
  41. makasih gan buat informasinya yah

    ReplyDelete
  42. kok ngga update lagi,, ayo update lagi postnya,,

    ReplyDelete
  43. terimakasih banyak ya tulisan anda membantu sekali

    ReplyDelete
  44. mantab sob... memang bekerja itu adalah salah satu ibadah, jadi harus dijalani dengan sunguh-sunguh...

    ReplyDelete
  45. artikel yang sangat memotivasi...
    thanks yah gan.

    ReplyDelete
  46. semangat terus buat cari uang,,buat keluarga kita..
    kebahagian keluarga adalah segalanya

    ReplyDelete
  47. Kunjungan pagi untuk mendapatkan inspirasi dari blog ini...
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  48. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    ReplyDelete
  49. motivasi yang inspiratif,.
    islam telah mengatur semua nya, dan jangan ragu.

    ReplyDelete
  50. Izin menyimak yah.... hadistnya mana nih?

    ReplyDelete
  51. terimakasih ya gan infonya, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  52. penyegaran rohani nih...terimakasih sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  53. terimakasih atas infonya gan..

    ReplyDelete
  54. makasih gan infonya sangat menarik;)

    ReplyDelete
  55. makasih infonya sangat bermanfaat:)

    ReplyDelete
  56. ane suka banget ama ni artikel.
    salam kenal gan. di tunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  57. terima kasih om udah mau share…
    beginilah indahnya berbagi :)

    ReplyDelete
  58. makasih untuk artikelnya, sangat keren sekali.

    ReplyDelete
  59. artikel ini menarik dan bisa menambah wawasan baru, salam kunjungan

    ReplyDelete
  60. artikel yang sangat bagus sob..

    ReplyDelete
  61. Makasih artikelnya, siraman rohani yang sangat tepat baut saya.

    ReplyDelete
  62. Kalo hukum wanita bekerja gimana pak?

    ReplyDelete
  63. Kalo hukum wanita bekerja gimana pak?

    ReplyDelete
  64. terimakasih atas info yang telah diberikan selama ini
    ditunggu info unfo berikutnya yang lebih menarik dan keren. Thnks banget yah sebelumnya infonya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  65. artikel yang sangat bagus terima kasih informasinya. sangat bermanfaat untuk pencerahan...

    ReplyDelete
  66. Menarik banget infonya
    Mantap nih sobat
    Salam Kenal

    http://johaedi.blogspot.com/
    Follow ya,,!!!

    ReplyDelete
  67. thanks artikelnya thanks ya sangat membantu

    mampir gan ke http://johaedi.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. Walaupun berpuasa, tetap semangat dalam aktifitas, agar meraih kemenangan...
    Artikelnya mantap akhii...

    ReplyDelete
  69. artikel yang sangat bermanfaat buat kita.
    Izin belajar gan....

    ReplyDelete
  70. motivasi seperti ini memang sangatlah penting, tapi usahanya dan kerja kerasnya lebih penting.. makasih...

    ReplyDelete
  71. Berkunjung di blog sobat terbaik. sukses selalu.

    ReplyDelete
  72. Bekerja dalam islam suatu yang sangat penting sebab di dalam alquran sering di sebutkan beriman di ikuti amal yang baik

    ReplyDelete
  73. blog yang berkualitas..... maksh anda telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  74. Bekerja sangat penting walaupun mati tidak membawa uang tapi mati harus pake uang alias membutuhkan uang

    ReplyDelete
  75. Apapun pekerjaanya yang penting sesuai dengan syariatNYA

    ReplyDelete
  76. Makasih akhi telah menasehati kami terus berbagi dan berkarya

    ReplyDelete
  77. ya ya ya!.. :)

    http://www.bakulvoucher.com/

    Media Promosi, bakulvoucher.com, Media Pelayanan Voucher Diskon, Tersedia, travel, bakulvoucher.com, hotel ,burger ,spa , bakulvoucher.com, travel ,kaos ,bakulvoucher.com, travel-agent, Ambil Voucher, Sisa Voucher, Voucher, Voucher Terlaris, bakulvoucher.com, diskon, diskon di jogja, media promo, voucher, voucher diskon, bakulvoucher, bakulvoucher.com, Cara Kerja, Yogyakarta, Voucher Diskon

    ReplyDelete
  78. mantap gan .. info yang sangat bermanfaat
    saya tunggu update selanjutnya

    ReplyDelete
  79. sangat memotivasi sekali artikelnya...GOOD JOB.

    ReplyDelete
  80. Wah jadi semangat lagi ne saya mz ... pokoknya bekerja dengan semaksimal mungkin ...jika kita mengalami kesulitan,memintallah kepadaNya, jika niat kita sudah baik ... telah berusaha n berdoa dan jgn lupa sabar ... Insyaallah Allah memberikan jalanNya, "SEMANGKA" Semangat kakak

    ReplyDelete
  81. semoga kita bisa selalu istiqamah dengan keimanan kita amin

    ReplyDelete
  82. Kalau Islam bekerja selalu penuh gairah dan tidak malas. Jika males perlu di pertanyakan tuh keIslamannya. Islam sungguh lengkap, bahkan dalam bekerja pun semua sudah ada parameter bakunya.

    ReplyDelete
  83. artikel yang menginspirasikan saya untuk bekerja lebih semangat sukses terus buat yang di sana ,,,, thx atas artikel yang gooddd

    ReplyDelete
  84. kita harus terus belajar mengenai kebenaran yang belum kita ketahui

    ReplyDelete
  85. informasi yang sangat bermanfaat, makasih...

    ReplyDelete
  86. post yg bermanfaat
    salam hangat dr jogja

    ReplyDelete
  87. emang muslim yang sehat dan kaya lebih utama kan?

    downloadgameandfilmfull.blogspot.com

    ReplyDelete
  88. Islam memang memberikan semua apa yang ada didunia ini mulai dari yang terkecil hingga yang terpopuler... subhanallah...

    ReplyDelete
  89. bekerja adalah bagian dari ibadah dan meraih kesuksesan dalam bekerja adalah kewajiban

    ReplyDelete
  90. makasi sudah berbagai mas gan :D
    sukses selalu blognyaa

    mampir ya gan
    Desain Interior Rumah Minimalis

    ReplyDelete
  91. Terima kasih atas pencerahan yang telah di berikan.... ;)

    ReplyDelete
  92. makasi sudah berbagai mas gan :D
    sukses selalu blognyaa

    mampir ya gan

    ReplyDelete
  93. makasih bro pencerahannya, jadi tambah semangat kerja,,,,

    salam
    cara agen tiket
    jasa sebar iklan

    ReplyDelete
  94. informasinya sangat bermanfaat sekali, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  95. Sangat bagus dan memebri motivasi, Jempot

    ReplyDelete
  96. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    ReplyDelete
  97. informasi yang bermanfaat.. makasih dan salam bloggers

    ReplyDelete
  98. informasinya sangat menarik, makasih dan salam bloggers

    ReplyDelete
  99. sangat berguna postingan nya,,, terima ksih ya gan,,, sukses selalu deh

    ReplyDelete
  100. makasih dan salam bloger yah atas informasinya

    ReplyDelete
  101. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    ReplyDelete
  102. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    ReplyDelete
  103. infonya sangat menarik, terima kasih dan salam bloggers

    ReplyDelete
  104. informasi yang bermanfaat sekali, terima kasih dan salam bloggers

    ReplyDelete
  105. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    ReplyDelete
  106. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    ReplyDelete
  107. Semoga ada manfaat besar yang bisa kita ambil dari artikel ini.

    ReplyDelete
  108. Info yang sangat penting dan info yang sangat bermanfaat ,infonya juga sangat bagus, juga menarik
    Thanks gan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  109. Semoga artikel motivasinya bermanfaat untuk kita semua. amin

    ReplyDelete
  110. kunjungan malam gan salam kenal.,.,.

    ReplyDelete
  111. semua yang kita lakukan memang harus pada tempatnya .....

    ReplyDelete
  112. kalau dilakukan semuanya dengan seimbang pasti hasilnya bagus

    ReplyDelete
  113. Nggak pernah update lagi udztads padahal blognya bagus banget

    ReplyDelete
  114. pahala sangat besar bila menjadi guru yang baik,
    salam bloggers

    ReplyDelete
  115. semoga semakin berkembang dengan baik agama islam,, amiin
    salam bloggers

    ReplyDelete
  116. semoga menjadi keberkahan dalam suatu pekerjaan kita,,amiinn

    ReplyDelete
  117. Subhanallah..
    Begitu indahnya hidup sebagai muslim.
    Tidak ada yang tidak diatur dalam Islam.
    Sesungguhnya kebahagian hidup adalah didapatkannya ridla Allah..

    Salam kami,
    Jasa Katering Nasi Kotak Murah :)
    dan
    Jasa Kurir Top Murah

    ReplyDelete

  118. artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
    semoga sukses saja..

    ReplyDelete
  119. sangat memotivasi, ilmu jadi bertambah..
    thanks buat artikelnya

    ReplyDelete
  120. makasih atas infonya bermanfaat banget buat saya, makin sukses aja yah.

    ReplyDelete
  121. artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
    semoga sukses saja..

    ReplyDelete
  122. makasih banget tentang infonya sobb, dan salam bloggers

    ReplyDelete
  123. sungguh bagus artikelnya sangat berguna , terima kasih gan
    salam kenal

    ReplyDelete
  124. salam kenal,artikelnya sangat bermanfaat dan menambah motivasi,thx

    ReplyDelete
  125. artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
    semoga sukses saja..

    ReplyDelete
  126. makasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers..

    ReplyDelete
  127. terimakasih ya gan informasinya sangat menarik dan bermanfaat sekali, di tunggu untuk info menark lainnya

    ReplyDelete
  128. makasih atas informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  129. terima kasih gan atas info dan ilmunya
    sukses selalu

    ReplyDelete
  130. makasih banyak tentang infonya sob, dan salam bloggers...

    ReplyDelete
  131. artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
    semoga sukses saja..

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan masukan unek"nya disini yach....

Popular posts from this blog

untuk wanita

Jadikanlah ghadhul bashar (menundukkan pandangan) sebagai hiasan kedua matamu, niscaya akan semakin bening dan jernih. Oleskan lipstick kejujuran pada bibirmu, niscaya semakin manis. Gunakan pemerah pipimu dengan kosmetika yang terbuat dari rasa malu. Pakailah sabun istighfar untuk menghilangkan semua dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Rawatlah rambutmu dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki asing yang membahayakan. Pakailah giwang kesopanan pada kedua belah telingamu. Hiaslah kedua tanganmu dengan gelang tawadhu dan jari-jarimu dengan cincin persahabatan. Sebaik-baik kalung yang kamu pakai adalah kalung kesucian Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyyah, Ghadhul Bashar (menundukkan pandangan) dari hal-hal yang diharamkan memberikan tiga manfaat besar. 1. Merasakan manis dan lezatnya iman. 2. Hati bercahaya dan firasat tajam. 3. Hati semakin kuat, teguh, dan berani.

MENINGGALKAN YANG HARAM MAKA KELUARLAH AROMA MINYAK KESTURI DARI BADANNYA

Ada seorang pemuda yang perkerjaannya menjual kain. Setiap hari dia memikul kain-kain dagangannya dan berkeliling dari rumah ke rumah. Kain dagangan pemuda ini dikenal dengan nama "Faraqna" oleh orang-orang. Walaupun pekerjaannya sebagai pedagang, tetapi pemuda ini sa-ngat tampan dan bertubuh tegap, setiap orang yang melihat pasti menyenanginya. Pada suatu hari, saat dia berkeliling melewati jalan-jalan besar, gang-gang kecil dan rumah-rumah penduduk sambil berteriak menawarkan dagangannya: "faraqna-faraqna", tiba-tiba ada seorang wanita yang melihatnya. Si wanita itu memanggil dan dia pun menghampirinya. Dia dipersila-kan masuk ke dalam rumah. Di sini si wanita terpesona melihat ketampanannya dan tumbuhlah rasa cinta yang begitu besar dalam hatinya. Lalu si wanita ini berkata: "Aku memanggilmu tidak untuk membeli daganganmu., tetapi aku memanggilmu karena kecintaanku kepadamu. Dan di rumah ini sekarang sedang kosong." Selanjutnya, si wanita ini membujuk d