Motivasi Kerja Dalam Islam

Published by Rahmat ST on July 28th, 2010 08:20 AM | Inspirasi, Motivasi Karyawan, Motivasi Kerja, Wawasan Islam Motivasi Kerja Dalam Islam Reviewed by Rahmat ST on July 28 Description:

Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara ...
Motivasi Kerja Sejati
Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara memenuhi kebutuhan fisik itu ialah dengan bekerja. Motivasi kerja dalam Islam itu adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Motivasi kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup hedonis, bukan juga untuk status, apa lagi untuk mengejar kekayaan dengan segala cara. Tapi untuk beribadah. Bekerja untuk mencari nafkah adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam.
Motivasi Kerja Dalam Islam Cobalah simak beberapa kutipan hadist dibawah ini. Anda bisa melihat bagaimana istimewanya bekerja mencari nafkah menurut sabda Nabi saw. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad) Luar biasa, dikatakan dalam hadits diatas bahwa mencari nafkah adalah seperti mujahid, artinya nilainya sangat besar.
Allah suka kepada hambanya yang mau berusah payah mencari nafkah.
Saya kira, ini lebih dari cukup sebagai motivasi kerja kita sebagai muslim. Bahkan, kita pun berpeluang mendapatkan ampunan dari Allah. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad) Hukumnya Wajib
Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam hukumnya wajib. Ini menandakan bagaimana penting mencari rezeki yang halal. Dengan demikian, motivasi kerja dalam Islam, bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya.
Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
Perlu diperhatikan dalam hadist di atas, ada kata sesudah. Artinya hukumnya wajib sesudah ibadah lain yang fardhu. Jangan sampai karena merasa sudah bekerja, tidak perlu ibadah-ibadah lainnya. Meski kita bekerja, kita tetap wajib melakukan ibadah fardhu seperti shalat, puasa, ibadah haji, zakat, jihad, dan dakwah. Jangan sampai kita terlena dengan bekerja tetapi lupa dengan kewajiban lainnya. Jika Motivasi Kerja Sebagai Ibadah
Jika motivasi kerja kita sebagai ibadah, tentu yang namanya ibadah ada aturannya. Memang berbeda dengan ibadah ritual atau ibadah mahdhah, sebab bekerja sebagai ibadah ghair mahdhah. Artinya, dalam kaidah ushul Fiqh, kita memiliki kebebasan yang luas untuk bekerja selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat, sebab amal akan tergantung niat. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah.
Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk itu kita perlu memperhatikan: Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Cara melakukan pekerjaan kita. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian, batasan antara laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.
Etos Kerja Seorang Muslim Jika tujuan bekerja begitu agung. Untuk mendapatkan ridha Allah Subhaanahu wa ta'ala, maka etos kerja seorang Muslim haruslah tinggi. Sebab motivasi kerja seorang Muslim bukan hanya harta dan jabatan, tetapi pahala dari Allah. Tidak sepantasnya seorang Muslim memiliki etos kerja yang lemah. Coba perhatikan diatas, ada kata-kata "susah payah" dan "kelelahan" yang menandakan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, dan jauh dari sifat malas.
Jadi, tidak ada kata malas atau tidak serius bagi seorang Muslim dalam bekerja. Motivasi kerja dalam Islam bukan semata mencari uang semata, tetapi serupa dengan seorang mujahid, diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan tentu saja ini adalah sebuah kewajiban seorang hamba kepada Allah SWT.
Profesional dan Ahli Dalam hadits diatas juga disebutkan kata profesional dan ahli. Jika motivasi kerja Anda sebagai ibadah, maka Anda akan melakukannya dengan sebaik mungkin. Anda akan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bekerja. Anda terus belajar dan berlatih agar semakin hari menjadi semakin ahli dalam bekerja. Kemauan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bisa dijadikan ukuran apakah motivasi kerja Anda untuk ibadah atau bukan.
Adil Dalam Bekerja Salah satu bentuk profesional itu adalah 'adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jika waktunya bekerja, Anda bekerja. Jika waktunya istirahat atau shalat, Anda bisa shalat dan istirahat. Jika tidak, maka bisa termasuk melakukan hal yang dzalim, tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. 'Adil juga berarti, Anda bekerja sesuatu tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang Anda miliki. Semoga motivasi kerja kita semua sebagai ibadah dan dibuktikan dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. motivasi islam

Add to Google Reader or Homepage Subscribe

1,269 comments:

1 – 200 of 1269   Newer›   Newest»
motivator indonesia said...

informasi yang sangat bagus terima kasih. sangat bermanfaat untuk pencerah :)

cara menyembuhkan penyakit maag said...

thanks gan informasinya

sewa mobil surabaya said...

mnginspirasi skali.. :)

iklan baris said...

mantap.. :D bner2 memotivasi..

menyembuhkan penyakit maag said...

thanks gan informasinya

obat alami stroke said...

thanks gan informasinya

obat alami infeksi saluran kemih said...

thanks gan informasinya

cara mengobati maag kronis said...

thanks gan informasinya

Obat Tradisional Leukemia said...



Infonya cukup bermanfaat banget gan

Obat Tradisional TBC said...



Makasih ya atas info-infonya

Obat Alami Diare said...


Semoga sukses selalu

Obat Tradisional Limfoma said...


Jangan Lupa mampir balik ya

sewa mobil di surabaya said...

terima kasih atas infonya..

iklan baris tanpa daftar said...

sukses terus buat blognya yah..

obat herbal stroke said...

artikel yang bagus...
terimakasih.

obat herbal darah tinggi said...

artikel yang sangat memotivasi...
thanks yah gan.

industrial Maintenance dan Pemeliharaan Mesin said...

infonya keren bangt gan

obat herbal diabetes mellitus said...

terimakasih atas artikel motivasi nya...
semoga bermanfaat juga untuk yang lain.

obat herbal alami said...

motivasi nya sangat bagus...
terimakasih pa...

cara mengobati penyakit asam urat said...

thanks gan informasinya

obat penyakit kanker kelenjar getah bening said...

good info.........

pebgobatan tradisional darah rendah said...

semngaaaaaaaat terus.....

amstrong indonesia said...

wahh gan,nice share gan.. sangat menginspirasi gan ! thanks gan,, sukses selalu :D

Icahbanjarmasin said...

Mantef banget nih infonya,boleh dong gabung..heee

Obat Alami Keputihan said...


mantab banget nih blog nya

Cara Mengobati Luka Bekas Operasi said...


semuanya sangat bermakna

Obat Alami Stroke said...


lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

Cara Mengobati Radang Telinga said...


makasih ya , good luck !!

nopi susanto said...

article and your post is very nice, thank you for info'nya well, I wait for your next article and posting .... :)

OBAT WASIR said...

Sekedar kasih info gan
Kini telah hadir obat wasir tanpa efek samping yang Insya Allah menyembuhkan wasir

Tongkat Gurah Vagina said...

Mantaf gan
Siip

Obat Alami Stroke said...



Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

Cara Mengobati Tipes said...


Makin mantab aja ni sob informasinya

Obat Alami Diare said...


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

Cara Mengobati Mioma said...


Salam kenal dan sukses slalu

OBAT HERBAL DARAH TINGGI said...

Informasi yang seperti ini yang lagi saya cari.

OBAT HERBAL ASAM URAT said...

Terima kasih atas infonya.

Obat herbal sakit jantung said...

Tetap semangat & terus semangat.

rental mobil said...

artikel yang bagus nih

zul said...



Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

zul said...



Makin mantab aja ni sob informasinya

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

wah benar, islam itu tidak mengajarkan kepada kita untuk bermlas malasan

zul said...


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

zul said...


saya numpang buat nambah backlink di sini ya

Hendri Prastio said...

Info yang sangat bermanfaat sekali mas... ditunggu info2 terbaik lainnya...

obat herbal said...



bagus banget ya ceritanya

obat herbal said...


salam kenal dan sukses slalu ya

obat jelly gamat said...

tampilkan lagi cerita berikutnya ya

obat jelly gamat said...

slam hangat

Obat Tradisional Parkinson said...

terimakasih banyak ya atas motifasinya saya sangat senang bacanya dan saya juga akan menjalankannya dalam kehidupan sehari2 saya lam kenal aja.......!

Obat Tradisional Parkinson said...

terimakasih banyak ya atas motifasinya saya sangat senang bacanya dan saya juga akan menjalankannya dalam kehidupan sehari2 saya lam kenal aja.......!

obat penyakit said...


hallo:)

obat jelly gamat said...


makasih ya atas infonya , mudah mudahan bermanfaat trus .

tutorial blog seo said...

Melihat sisi positif yang seharusnya bisa kita contoh

tutorial blog seo said...

Melihat sisi positif yang seharusnya bisa kita contoh

enimart bisnis terheboh said...

semoga bisa jd inspirasi bagi orang lain..sukses ya

jaringan leader enimart said...

berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
trimakasih

jaringan leader enimart said...

berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
trimakasih

peluang usaha grosiran said...

terimakasih yah

enimart said...


berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
trimakasih
bravo untuk anda yang mengelola site ini .
sukses yah semoga bisa menjadi inspirasi untuk yg lain..

akbar said...

hallo

Kediri said...

semoga setelah baca artikel ini motivasi saya menjadi semakin meningkat... thanks gan infonya.

rental mobil murah said...

thanks atas pencerahannya yah gan.. :)

iklan baris tanpa daftar said...

ditunggu postingan berikutnya kawan..

SelebNews said...

Tulisan yang sangat menginspirasi. Saya akan tunggu postingan saudara berikutnya. Jangan lupa untuk kunjungan baliknya ya...

akbar said...

salam kenal

Obat Tradisional Paru Paru Basah said...

saya rasa ini sangat luar biasa tuk diri saya thanks atas infonya........!

Obat Alternatif Penyakit Maag said...

terimaksih banyak atas infonya saya sangat termotifasi sekali dengan artikelnya aga thanks.........!

Obat Tradisional Paru Paru Basah said...

terimakasih banyak atas tipsny dan motifasinya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

leo said...

Bagus banget info2 nya gan


thanks

Obat Alternatif Penyakit Paru Paru Basah said...

terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya......!

rahasia sukses said...

motivasi sangat penting sekali, salam sukses aja, saya juga sering menulis motivasi dalam blog saya.

Obat Mata Minus Herbal Alami said...

tulisan yang sangat inspiratif dan sangat bermanfaat. kita memang wajib berusaha sekuat tenaga mencari nafkah halal untuk kita dan keluarga. rizki yang halal dan barokah akan membuat kehidupan rumahtangga harmonis, jauh dari malapetaka. terima kasih postingannya gan, sangat sangat bermanfaat..

Obat Alternatif Penyakit Polip Hidung said...

terimakasih atas tipsnya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

cara pemesanan jely gamat said...

Wah mesti bekerja dengan giat nih.

Obat herbal penyakit hepatitis said...

Ternyata perkiraan saya selama ini, bekrja hanya cari uang saja itu tidak benar ya sob ?

Obat luka bakar said...

saya sangat berterima kasih atas pencerahannya.

zul said...

bermanfaat banget infonya-infonya bagi saya


makasih ya gan

zul said...


Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

Thanks



obat herbal said...


Bagus banget informasinya gan

lanjutkan terus ya

Penulis Dunia Internet said...

terima kasih infonya gan, bermanfaat buat saya.

busana muslim said...

Bagus banget informasinya dan semoga semakin sukses.

busana muslim said...

tulisan yang sangat luar biasa sangat bermanfaat. kita memang wajib bekerja,berdoa dan bersyukur agar mendapatkan rizki yang halal dan barokah akan membuat kehidupan rumahtangga sejahtera dan harmonis, jauh dari malapetaka. terima kasih postingannya gan.

Cara Mengobati Penyakit Sirosis Hati Secara Herbal said...

terimakasih infonya sangat bermanfaat

anis said...

Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

ana said...


Saya sangat bangga pada diri Anda, karena bisa memberitahukan imajinasi yang baru untuk bisa diketahui oleh orang banyak. Salut, info yang sangat bagus. Teruskan gan!

obat alami untuk luka bakar said...

artikel yang sangat bagus..
terimakasih.

obat alami penyakit kista said...

motivasi kerja yang sangat bagus..

obat herbal alami said...

yang paling memotivasi itu kerja mencari nafkah sama dengan berjihad di jalan allah.

obat herbal epilepsi said...

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

jam hias jati said...

sangat bermanfaat untuk pencerahan infonya gan....terima kasih gan atas infonya....

http://www.rotanmebeljepara.com/jam-hias-jati/

alluky said...

nice post:D
sukses selalu

Pascalmatlab said...

artikel yang menarik :D
salam kenal

Talang Air Mobil said...

jangan lupa sholat 5 waktu..biar tambah maknyoss doanya...

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia said...

sanget menginspirasi sekali

alluky said...

wah terima kasih ya udah berbagi

Pascalmatlab said...

nice post:D
salam kenal

obat kista said...

makasih info nya gan

obat tradisional asam urat said...

thx info nya

OBAT HERBAL TUMOR LAMBUNG said...

Terima kasih atas pencerahan yang telah di berikan.

Agen XAMthone Plus Bogor said...

Di samping bekerja & berdoa jangan lupa shodaqoh.

Agen XAMthone Plus Kuningan said...

Baru kali ini saya temukan sebuah artikel yang sangat berkesan banget bagi saya, Thanks ya.

Benda Bertuah said...

Salam...
Terimakasih ghan Informasinya bagus banget

andi said...

boleh juga nie info?bermanfaat gan terimakasih

OBAT HERBAL GINJAL said...

info yang bermanfaat,terimakasih.

Bang Kamplenk said...

Informasi yang bermanfaat
Terima kasih telah berbagi
Mampir atuh... ;)
riefsaz.blogspot.com

./Riedho-Cbs said...

terimakasih sudah berbagi :)

Anonymous said...

Semua Dari Blogspot
Informasi Terlengkap

tas branded said...

terimakasih gan, informasinyya,
bermanfaat bagi kita.
di tunggu kunjungan baliknya ya . . ..

Agen XAMthone Plus Kemayoran Jakarta pusat said...

kapan ya posting informasi lagi ?

kapangratis.com said...

subhanallah manteb sekali gannnn

anatasya said...

Salam hangat gan, informasinya sangat bagus dan penting sekali buat saya karena bisa menambah wawasan yang sekarang saya miliki. Terimakasih, salam sejahtera.

Delbert Hughes said...

With this site,http://longtermpaydayloanscanada.blogspot.com you can borrow funds easily even if you are bad credit holder without any paperwork and security.

Vimax Herbal Obat Pembesar Penis said...

islam tuntunan hidup yang paling benar

Be Ceritacom said...

mantap, gan sekaligus keren postingannya

sewa mobil jakarta said...

Masih artikelnya, sangat bagus dan menambah wawasan serta motivasi saya dalam pekerjaan.

daun sirsak ace max said...

makasih infnya

distributor jelly gamat said...

salam kenal , kunjungan perdana

ANDRI SANJAYA said...
This comment has been removed by the author.
obat penyakit HIV said...

subhanalloh..
ketiaka kamu sudah melakukan sholat maka bertebaranlah kamu dimuka bumi ini, sesungguhnya dalam islam mengajarkan agar kita bekerja keras untuk memperoleh kehiduan yang baik, dan semata mata kana ibadah dan mengharap keridhoan alloh swt.

Toko Komputer Jogja said...

terima kasih atas artikelnya klo sempat kunjungi ya

cafesehat.com said...

salam kenal,

islam memang indah, termasuk dalam soal bekerja pun bisa di jadikan ibadah!

krisngeblog said...

walhualam....

bekerja juga termasuk ibadah :D

company profile said...

nice article :)

joe said...

nice post mas broo slam kenal..

eser said...

nice info...

Nevermore-404 said...

infonya menarik gan
jangan lupa mampir juga kesini
Nevermore-404

ANDRI SANJAYA said...

Infonya sangat bagus dan dapat memberikan motivasi juga bagi umat muslim.

Salam kenal!

apoyy said...

info yang sangat bermanfaat :)

inkomik said...

bener tuh... mestinya setiap insan muslim harus lebih bersemangat dalam beraktivitas

Blogsitukangcopas said...

informasi yang sangat bermanfaat bagi saya terus berkarya gan ,,,

maag kronis said...

inisyallah ini tulisannya sangat bermanfaat

Sepatu Boot said...

nice share :)

rental mobil jakarta said...

Makasih artikelnya, dengan landasan motivasi kerja yang kuat maka akan menghasilkan karya yang luar biasa.

Kisah Sukses Abu Bakar said...

Syukron atas blognya semoga maju terus. Kisah Sukses Sahabat Abu Bakar

Kiat Sukses Nabi Muhammad said...

Semoga kita selalu diberi kesuksesan oleh Alloh SWT. Kita harus selalu mengacu pada Kiat Sukses Nabi Muhammad SAW

Sepatu Boot said...

dalam bekerja apapun tuhan pasti menyukainya asalkan halal :)

atasi Osteoporosis said...

Mantep infonya
makasih ya infonya

rahasia sukses said...

memang segala yang diperintahkan oleh Allah pasti ada manfaatnya dari segi manfaat tubuh termasuk kesehatan. Apalagi shalat!

terimakasih

games bola said...

Terima kasih banyak untuk motivasinya.. Semoga dengan membaca artikel ini ane jadi bisa semangat kerja dan semakin termotivasi..
Salam sukses bro!

THE ANDRI SANJAYA said...

Memang bekerja adalah suatu kewajiban yang di perintahkan Allah, maka dari itu bekerjalah dengan cara halal.

Salam kenal!

THE ANDRI SANJAYA said...

Memang bekerja adalah suatu kewajiban yang di perintahkan Allah, maka dari itu bekerjalah dengan cara halal.

Salam kenal!

1000unik said...

Informasinya sangat menarik, makasi infonya.. ditunggu kunjungan baliknya ke blog saya 1000 Unik

Thank's

cara pesan jelly gamat gold g said...

nice to post, terimakasih banyak informasinya

obat sariawan said...

selamat sore n salam kenal semua

Sholahudin Blog said...

Blog ini sangat informatif,menyediakan informasi tentang bagaimana cara menjalani hidup melalui pendidikan Islami ,,, Sangat bermanfaat!

afwan said...

salam kenal..

city directory said...

bener bangtttt..
bagus gan ..
kita memang harus berdoa , bekerja keras, dan hasilnya serahin ma yang di atas

obat tradisional stroke said...

bagus banget gan niii infonya..

ace maxs said...

terimakasih atas infonya gan...

al mulk said...

thanks gan informasinya

aiuum said...

terimakasih informasinya semoga makin sukses

cara44h said...

thanks gan infonya

Thedragao Blog said...

Terimakasih sharingnya bermanfaat buat saya dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca juga..

erwan said...

imbalan akan menyesuaikan sendiri dengan apa yang telah kita kerjakan. tetap semangat.

herbal memperlancar peredaran darah said...

Benar benar mandapatkan pencerahan pak, terimakasih atas artikelnya :)

Kata Mutiara said...

keren

odoy said...

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

agusherbal said...

thanks gan informasinya

nenden said...

Jangan Lupa mampir balik ya

hanafiah said...

wahh gan,nice share gan.. sangat menginspirasi gan ! thanks gan,, sukses selalu :D

ShareNik said...

mantap..
artikel yang bermanfaat..

galih n gumilar said...

nice info

cara449 said...

informasi yang memberi saya pengetahuan

SD Islam Unggulan said...

Artikel menarik,,,,

Cara Cepat Langsing said...

perlu dicontoh bro...

CARA MENURUNKAN KOLESTEROL said...

Rasulullah emang keren gan..

Cara Mengobati Jerawat said...

makasih gan. inspiratip banget..

ARTIKEL KESEHATAN said...

masuk banget bang..

Obat Herbal Penurun Panas Anak said...

terimakasih gan infonya langsung aja kunjungannya ke tkp,lam kenal aja..

Kata Mutiara said...

keren

Kata Bijak said...

thx

Dian said...

Alhamdulillah wa barokumulloh atas artikel yang mencerahkan ini.

Bagi yang berminat download gratis kitab maktabah syamilah silahkan mampir ke blog saya. Regards!

OBAT HERBAL ALAMI said...

Sekedar kasih info gan........
Kini telah hadir obat herbal yang dahsyat Insya Allah menyembuhkan dan menyehatkan

stroke said...

info bagus gan...

ace maxs said...

mantap gan infonya..

jelly gamat gold g said...

info yang bagus gann...

penjualan ace maxs said...

jangan lupa mampir sobb..

pusat penjualan gold g said...

nice info.

Obat Herbal Terpercaya Ace Maxs said...

subhanalloh betapa indahnya agama islam.

sigembala said...

thanks infonya..,

akhbar said...

terimakasih atas info tentang hadits sohih nya

lpsp said...

terimakasih atas pencerahannya

jual game pc said...

memang harusnya kita memotivasi semua kegiatan kita sebagai ibadah....

obat penyakit migren said...

luar biasa nambah ilmu banyak sekali

Obat alami gondongan said...

infirasi baru

Dedy muswar said...

wahhh.. jadi inspirasi lagi nih..!

thanks infonya gan..!

obat penyakit kolesterol said...

infonya bermanfaat banget, thank

Rahmat Arief Hidayat said...

inspiratif banget gan...
motivasi kerja seeprti islam.. keren
dateng ke blog gw gan www.ngecat.blogspot.com

obat penyakit amandel said...

artikelnya keren banget

Christian Dwi Wijaya said...

CDW Blog Kumpulan Tips Trik Informasi Dan Humor.

Terbaru

Cara Tes Kemampuan Komputer.

Video Kocak Arya Wiguna vs Eyang Subur.
Video Kocak Arya Wiguna vs Eyang Subur.

Teknologi Terbaru PlayStation 4.

Camera CCTV Di Google.

HOT
Gam Dread Out Buatan Indonesia Laris Di Luar Negri.
Download Game Dread Out Indonesia Gratis.

Tersedia Slot Iklan.
http://christiandwiwijaya.blogspot.com/

obat kuat sex said...

mantep juga motivasinya gan

Template Collection said...

blog yang menarik gan.

yadi said...

nice post thanks.,.,

Windows Ultrabook Terbaru said...

Tapi kan bekerja nggak perlu juga bersusah payah...Just love what you do, and do what you love. Pekerjaan dilakukan dengan senang hati.

jugglingart.org said...

Bekerja keras itu pahalanya sangat besar. Berlomba-lomba untuk bekerja dengan niat yang ikhlas, Insya Allah, Allah akan mmeberikan rejeki yang tidak disangka-sangka.

surf the business said...

Bekerja dengan hati. Itu adalah jargon modern yang diusung oleh semua perusahaan ternama. Dan jargon itu sebetulnya sudah diajarkan oleh Islam sejak dulu

take the business said...

Semua orang harus membaca artikel ini. Layak untuk di share

sekolah perikanan said...

Apalagi jika pekerjaannya adalah sebagai guru. Pahalanya dua kali lipat..

oceanoffish.blogspot.com said...

Sungguh luar biasa artikelnya sangat menggugah

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 1269   Newer› Newest»