Skip to main content

Motivasi Kerja Dalam Islam

Published by Rahmat ST on July 28th, 2010 08:20 AM | Inspirasi, Motivasi Karyawan, Motivasi Kerja, Wawasan Islam Motivasi Kerja Dalam Islam Reviewed by Rahmat ST on July 28 Description:

Motivasi Kerja Sejati Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara ...
Motivasi Kerja Sejati
Untuk mengetahui motivasi kerja dalam Islam, kita perlu memahami terlebih dahulu fungsi dan kedudukan bekerja. Mencari nafkah dalam Islam adalah sebuah kewajiban. Islam adalah agama fitrah, yang sesuai dengan kebutuhan manusia, diantaranya kebutuhan fisik. Dan, salah satu cara memenuhi kebutuhan fisik itu ialah dengan bekerja. Motivasi kerja dalam Islam itu adalah untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Motivasi kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup hedonis, bukan juga untuk status, apa lagi untuk mengejar kekayaan dengan segala cara. Tapi untuk beribadah. Bekerja untuk mencari nafkah adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam.
Motivasi Kerja Dalam Islam Cobalah simak beberapa kutipan hadist dibawah ini. Anda bisa melihat bagaimana istimewanya bekerja mencari nafkah menurut sabda Nabi saw. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad) Luar biasa, dikatakan dalam hadits diatas bahwa mencari nafkah adalah seperti mujahid, artinya nilainya sangat besar.
Allah suka kepada hambanya yang mau berusah payah mencari nafkah.
Saya kira, ini lebih dari cukup sebagai motivasi kerja kita sebagai muslim. Bahkan, kita pun berpeluang mendapatkan ampunan dari Allah. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad) Hukumnya Wajib
Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam hukumnya wajib. Ini menandakan bagaimana penting mencari rezeki yang halal. Dengan demikian, motivasi kerja dalam Islam, bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya.
Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
Perlu diperhatikan dalam hadist di atas, ada kata sesudah. Artinya hukumnya wajib sesudah ibadah lain yang fardhu. Jangan sampai karena merasa sudah bekerja, tidak perlu ibadah-ibadah lainnya. Meski kita bekerja, kita tetap wajib melakukan ibadah fardhu seperti shalat, puasa, ibadah haji, zakat, jihad, dan dakwah. Jangan sampai kita terlena dengan bekerja tetapi lupa dengan kewajiban lainnya. Jika Motivasi Kerja Sebagai Ibadah
Jika motivasi kerja kita sebagai ibadah, tentu yang namanya ibadah ada aturannya. Memang berbeda dengan ibadah ritual atau ibadah mahdhah, sebab bekerja sebagai ibadah ghair mahdhah. Artinya, dalam kaidah ushul Fiqh, kita memiliki kebebasan yang luas untuk bekerja selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat, sebab amal akan tergantung niat. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah.
Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk itu kita perlu memperhatikan: Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Cara melakukan pekerjaan kita. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian, batasan antara laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.
Etos Kerja Seorang Muslim Jika tujuan bekerja begitu agung. Untuk mendapatkan ridha Allah Subhaanahu wa ta'ala, maka etos kerja seorang Muslim haruslah tinggi. Sebab motivasi kerja seorang Muslim bukan hanya harta dan jabatan, tetapi pahala dari Allah. Tidak sepantasnya seorang Muslim memiliki etos kerja yang lemah. Coba perhatikan diatas, ada kata-kata "susah payah" dan "kelelahan" yang menandakan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, dan jauh dari sifat malas.
Jadi, tidak ada kata malas atau tidak serius bagi seorang Muslim dalam bekerja. Motivasi kerja dalam Islam bukan semata mencari uang semata, tetapi serupa dengan seorang mujahid, diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan tentu saja ini adalah sebuah kewajiban seorang hamba kepada Allah SWT.
Profesional dan Ahli Dalam hadits diatas juga disebutkan kata profesional dan ahli. Jika motivasi kerja Anda sebagai ibadah, maka Anda akan melakukannya dengan sebaik mungkin. Anda akan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bekerja. Anda terus belajar dan berlatih agar semakin hari menjadi semakin ahli dalam bekerja. Kemauan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bisa dijadikan ukuran apakah motivasi kerja Anda untuk ibadah atau bukan.
Adil Dalam Bekerja Salah satu bentuk profesional itu adalah 'adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jika waktunya bekerja, Anda bekerja. Jika waktunya istirahat atau shalat, Anda bisa shalat dan istirahat. Jika tidak, maka bisa termasuk melakukan hal yang dzalim, tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. 'Adil juga berarti, Anda bekerja sesuatu tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang Anda miliki. Semoga motivasi kerja kita semua sebagai ibadah dan dibuktikan dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. motivasi islam

Add to Google Reader or Homepage Subscribe

Comments

  1. referensi bagus untuk pengetahuan saya. terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan, ane bisa belajar lebih banyak mengenai agama

    ReplyDelete
  3. makasih infonya.... bagus artikelnya.. smoga sukses ya...

    ReplyDelete
  4. mantap... bagus banget artikelnya mkasih ya,,,,

    ReplyDelete
  5. Hadistnya memotivasi sekali, terimakasih udah sharing

    ReplyDelete
  6. makasih atas informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Artikel nya bagus ...
    terima kasih info nya :)

    ReplyDelete
  8. terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

    ReplyDelete
  9. terimakasih banyak atas informasinya sangat menakjubkan
    semoga semakin sukses nya....

    ReplyDelete
  10. udah ndak ngeblog lagi skrg ? udah lama ndak update ni.

    ReplyDelete
  11. www.yayasanrahmatanlilalalaminjakartatimur.orgOctober 24, 2013 at 2:49 PM


    Terimakasih atas penjelasannya, membuat kita selalu ingat akan perbuatan kita. www.yayasanrahmatanlilalaminjakartatimur.org

    ReplyDelete
  12. kerja dengan niat hanya untuk Allah SWT adalah yang terbaik

    ReplyDelete
  13. Yang memberi, pahalanya lebih besar dari pada ibadah...

    ReplyDelete
  14. janganlah berpatokan kpd satu hadis,pahami dulu hadis2 lainnya

    ReplyDelete
  15. informasi yang sangat menarik untuk saya simak dan sangat bermanfaat sekali,, makasih infonya sukses terus gan!!!

    ReplyDelete
  16. informasi yang sangat menarik untuk saya simak dan sangat bermanfaat sekali,, makasih infonya sukses terus gan!!!

    ReplyDelete
  17. artikelnya sangat menarik untuk saya simak dan menambah wawasan pengetahuan saya, nice infonya gan... sukses terus ditunggu artikel selanjutnya!!!

    ReplyDelete
  18. benar-benar masuk ke hati banget artikelnya ga,, nice ,,

    ReplyDelete
  19. . setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  20. artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

    ReplyDelete
  21. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik

    ReplyDelete
  22. . artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

    ReplyDelete
  23. artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

    ReplyDelete
  24. http://www.satukarir.com lowongan kerja terbaru dan terupdate

    ReplyDelete
  25. artikelnya bagus banget gan,,
    sukses selalu ya,,

    ReplyDelete
  26. artikelnya bagus banget gan,,
    sukses selalu ya,,

    ReplyDelete
  27. terima kasih buat infonya gan, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  28. artikel yang sangat informatif sekali, trims

    ReplyDelete
  29. Terima kasih atas infonya yang bermanfaat :)

    http://goo.gl/yr1sX7

    ReplyDelete
  30. Artikel yang bermanfaat... terima kasih atas sharingnya Gan

    ReplyDelete
  31. semangat dalam beribadah mencari rezeki yang halal dan di ridhoi Alloh SWT =))

    ReplyDelete
  32. SANGAT Inspiratif dan Motivatif
    Syukron jaziilan gan to supportnya

    ReplyDelete
  33. "Tidak menyediakan produk biasa". Itulah satu slogan yang merupakan keunikan toko saya. Di toko online saya ini, anda tidak akan menemui barang yang mudah anda dapatkan di pusat perbelanjaan. Toko Online ini diciptakan untuk menawarkan produk-produk unik yang jarang ada dipasaran, tapi sangat diminati dan dibutuhkan pelanggan. Karena itulah TokoTOP.com berkembang pesat hingga saat ini. Produk yang saya tawarkan terdiri dari CD Audio, VCD, DVD , tutorial, pelatihan, seminar, software (Program Komputer), dan produk lainnya yang saya kumpulkan sejak delapan tahun yang lalu (mulai tahun 2000).

    ReplyDelete
  34. Kewajiban bagi muslim untuk mencari nafkah/bekeja.
    nice sudah berbagi. Terima kasih

    ReplyDelete
  35. Izin berkunjung dan menyimak langsung artikelnya gan :)

    ReplyDelete
  36. Sungguh luar biasa Allah membalas kerja keras hambaNya. terimakasih banyak min, ats motivasiny,. sangat beermanfaat bagi saya, dan semoga segera untuk didakwahkan untuk sesama.
    Grosir sajadah Murah

    Jual Sepatu Golf

    ReplyDelete
  37. Selamat pagi ! Semoga aktivitas kita dipagi ini lancar sampai beres, dan semoga hari ini lebih baik daripada hari yang lalu. Mudah-mudahan hari-hari kita kedepannya semakin baik lagi semakin baik lagi dan semaaakin baik lagi ... sukses pokoknya ! :D Berikan yang terbaik untuk pembaca yah mas , semoga postingannya menjadi suatu inspirasi juga informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Posting terus, ditunggu postingan selanjutnya. Salam semangat dari yang paling semangaat !! :)

    ReplyDelete
  38. terimakasih banyak sekali informasinya , sangat bermanfaat sekali untuk saya.

    ReplyDelete
  39. bagus banget artikelnya gan,. merindings bacanya :) harus lebih semangat lagi nih ane demi keluarga tercinta di rumah. Thanks for sharing gan Surya Film Art and Produksaya

    ReplyDelete
  40. Artikel yang sangat bagus...semoga kita bisa mengamalkan nya dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  41. Jadi semangat lagi untuk bekerja, motivasi yang sangat baik nih

    ReplyDelete
  42. dalam bekerja apapun tuhan pasti menyukainya asalkan halal :)

    ReplyDelete
  43. Sebagai pengusaha ane butuh banget nih.. motivasi kayan gini

    ReplyDelete
  44. Terima kasih untuk artikelnya ya bos

    ReplyDelete

  45. I’m glad to read you again. Thanks for this post.
    Best for you Buddy!

    ReplyDelete
  46. terimakasih banyak atas tipsny dan motifasinya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

    ReplyDelete
  47. keren artikelnya bermanfaat, Recomended pokoknya ! cepat jaya gan !!

    ReplyDelete
  48. sangat menginspirasi gan ! thanks gan,, sukses selalu :D

    ReplyDelete
  49. Terima kasih untuk artikel ini ya boss

    ReplyDelete
  50. lengkap bgt motivasinya :O
    jd tambah semangat ane

    ReplyDelete
  51. pekerjaan jadikan sebagai ibadah pasti lebih indah

    ReplyDelete
  52. wah boleh juga nih infonya,,, makasih banyak gan....

    ReplyDelete
  53. ternyata islam juga memberikan motivasi kepada kita dalam bekerja ..

    ReplyDelete
  54. Bekerja dengan meneladani etos kerja Rasulullah adalah bagian dari Sunnah. Disamping mendapatkan bahagia dunia juga sekaligus akhirat, dapat satu paket. Benar begitu bukan ?

    ReplyDelete
  55. nice post gan, anak nubie izin blogwalking dimarih dulu ya gan.

    ReplyDelete
  56. sungguh sangat termotivasi dan mantap sekali artikelnya

    ReplyDelete
  57. yaa elah informasinya sangat bagus
    bener, semoga semakin cetar membahana ajah informasinya..... gurih-gurih enyoyyy

    ReplyDelete
  58. yaa elah informasinya sangat bagus
    bener, semoga semakin cetar membahana ajah informasinya..... gurih-gurih enyoyyy

    ReplyDelete
  59. terimakasih banyak gan atas sharenya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  60. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    ReplyDelete
  61. kunjungan siang blog nya sangat bermanfaat dan menamabah wawasan saya makasih

    ReplyDelete
  62. Kerja untuk mencari nafkah yang halal dan senantiasa selalu mengingat allah agar hidup bisa lebih berkah dan barokah.

    ReplyDelete
  63. makasih postingan nya sangat bermnfaat sekali kunjung balik ya

    ReplyDelete
  64. informasi yang sangat menarik dan sangat berguana untuk kita semua

    ReplyDelete
  65. mantap.. :D bner2 memotivasi dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  66. subhanallah.. memang kerja dalam naungan islam itu indah.... sukses slalu ya min... ^^

    ReplyDelete
  67. sungguh sangat bermanfaat sekali artikelnya yang membahas posisi pekerjaan dalam islam

    ReplyDelete
  68. Bekerja keras itu pahalanya sangat besar. Berlomba-lomba untuk bekerja dengan niat yang ikhlas, Insya Allah, Allah akan mmeberikan rejeki yang tidak disangka-sangka.Apalagi jika pekerjaannya adalah sebagai guru. Pahalanya dua kali lipat.
    Sungguh luar biasa artikelnya sangat menggugah
    thanks

    ReplyDelete
  69. baca artikel ini, keimanan saya jadi nambah deh... .
    http://pengetahuan-dan-hiburan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  70. Artikelnya bagus, ane bookmark gan :)mau ane baca ampe abis, biar ane tambah semangat dalam membuka keran rezkiNya .. doain ane ya gan :)

    ReplyDelete
  71. kanker gan.. bila perlu obatnya.

    ReplyDelete
  72. ijin menyimak dan ternyata bermanfaat sekali artikelnya makasih

    ReplyDelete

  73. Sebelumnya maaf nih gan, bukannya maksud mengkotori komentarnya.. saya mau menawarkan produk
    herbal gan, berikut ini daftar obat yang ane punya gan :

    obat herbal syaraf kejepit
    obat herbal gula darah
    obat penyakit stroke terbaik
    obat herbal kencing nanah
    obat herbal tuberkulosis

    ReplyDelete
  74. kunjungan ke artikel ini saya dapat ilmu dan wawasan baru makasih

    ReplyDelete
  75. mantep sekali gan artikelnya..sangat membangun..:)thanks infonya..

    ReplyDelete
  76. super menarik, itu sudah menyenangkan untuk membaca blog ini ;)

    ReplyDelete

  77. Sebelumnya maaf nih gan, bukannya maksud mengkotori komentarnya.. saya mau menawarkan produk
    herbal gan, berikut ini daftar obat yang ane punya gan :

    obat herbal syaraf kejepit
    obat herbal ace maxs
    obat penyakit stroke terbaik
    obat herbal kencing nanah
    obat herbal tuberkulosis

    ReplyDelete
  78. menarik untuk di simak dan bermanfaat sekali postinganya makasih telah menambah wawasan saya dan bloger yang membaca nya

    ReplyDelete
  79. Terima kasih banyak atas semua infonya..
    http://goo.gl/5zJIpW

    ReplyDelete
  80. kunjungan sore menyimak dan membaca blog nya sangat bermnfaat sekali makasih sukses selalu

    ReplyDelete
  81. kunjungan sore menyimak dan membaca blog nya sangat bermnfaat sekali makasih sukses selalu

    ReplyDelete
  82. artikel ini sangat bagus
    ini layak di share dan menambah pengetahuan yang lainnya
    semoga bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  83. kunjungan pagi membaca dan menyimak artikelnya sangat bermnfaat dan menambah wawasan saya makasih semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  84. dengan membaca artikelnya menjadi menambah ilmu dan wawasan saya tunggu postingan selanjutnya makasih

    ReplyDelete
  85. kunjungan pagi dan sudah di sungguhkan info yang bermanfaat dan menambah wawasan saya makasih banyak

    ReplyDelete
  86. thx gan - izin komentar ya gann -salam kenal aja gann

    ReplyDelete
  87. menarik dan bermanfaat sekali infonya makasih telah berbagi ilmu yang menambah wawasan saya makasih banyak

    ReplyDelete
  88. sungguh luar biasa bermanfaat nya postinganya

    ReplyDelete
  89. menarik dan bermanfaat sekali infonya makasih telah berbagi ilmu yang menambah wawasan saya makasih banyak dan sukses buat blog nya

    ReplyDelete
  90. kunjungan siang setelah saya membaca dan menyimak artikelnya sangat bermanfaat untuk saya dan menambah wawasan saya makasih semoga blog nya sukses selalu

    ReplyDelete
  91. ijin menyimak dulu blog nya mudah mudah bermanfaat makasih

    ReplyDelete
  92. thx gan artikelnya slam kenal aja yahhh gannn nice

    ReplyDelete
  93. sungguh luar biasa info yang di sajikan mantap deh

    ReplyDelete
  94. kunjungan siang membaca artikelnya menambah ilmu dan wawasan saya makasih banyak

    ReplyDelete
  95. Terima kasih gan untuk infonya
    Syukron jaziilan

    ReplyDelete
  96. kunjungan pagi dengan menyimak dan membaca sudah sangat membantu saya dalam hal ilmu dan wawasan saya makasih banyak atas ilmu nya

    ReplyDelete
  97. selalu menjadi pegangan bagi setiap muslim saat bekerja adalah

    " gunakan kerjamu untuk ibadah "

    ReplyDelete
  98. apalagi ika pekerjaannya adalah sebagai guru. Pahalanya dua kali lipat..

    ReplyDelete
  99. menarik dan bermanfaat info yang di suguhkan makasih banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan masukan unek"nya disini yach....

Popular posts from this blog

MENINGGALKAN YANG HARAM MAKA KELUARLAH AROMA MINYAK KESTURI DARI BADANNYA

Ada seorang pemuda yang perkerjaannya menjual kain. Setiap hari dia memikul kain-kain dagangannya dan berkeliling dari rumah ke rumah. Kain dagangan pemuda ini dikenal dengan nama "Faraqna" oleh orang-orang. Walaupun pekerjaannya sebagai pedagang, tetapi pemuda ini sa-ngat tampan dan bertubuh tegap, setiap orang yang melihat pasti menyenanginya. Pada suatu hari, saat dia berkeliling melewati jalan-jalan besar, gang-gang kecil dan rumah-rumah penduduk sambil berteriak menawarkan dagangannya: "faraqna-faraqna", tiba-tiba ada seorang wanita yang melihatnya. Si wanita itu memanggil dan dia pun menghampirinya. Dia dipersila-kan masuk ke dalam rumah. Di sini si wanita terpesona melihat ketampanannya dan tumbuhlah rasa cinta yang begitu besar dalam hatinya. Lalu si wanita ini berkata: "Aku memanggilmu tidak untuk membeli daganganmu., tetapi aku memanggilmu karena kecintaanku kepadamu. Dan di rumah ini sekarang sedang kosong." Selanjutnya, si wanita ini membujuk d

untuk wanita

Jadikanlah ghadhul bashar (menundukkan pandangan) sebagai hiasan kedua matamu, niscaya akan semakin bening dan jernih. Oleskan lipstick kejujuran pada bibirmu, niscaya semakin manis. Gunakan pemerah pipimu dengan kosmetika yang terbuat dari rasa malu. Pakailah sabun istighfar untuk menghilangkan semua dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Rawatlah rambutmu dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki asing yang membahayakan. Pakailah giwang kesopanan pada kedua belah telingamu. Hiaslah kedua tanganmu dengan gelang tawadhu dan jari-jarimu dengan cincin persahabatan. Sebaik-baik kalung yang kamu pakai adalah kalung kesucian Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyyah, Ghadhul Bashar (menundukkan pandangan) dari hal-hal yang diharamkan memberikan tiga manfaat besar. 1. Merasakan manis dan lezatnya iman. 2. Hati bercahaya dan firasat tajam. 3. Hati semakin kuat, teguh, dan berani.